Terbit: 8 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Apakah Anda sering mengonsumsi buah kiwi? Buah berkulit cokelat berbulu ini sangat identik dengan warna daging buahnya yang hijau serta rasanya yang menyegarkan. Terkenal dengan buah yang memiliki banyak manfaat, apa saja sih kandungan gizi kiwi?

Disebut Buah Sehat, Apa Saja Sih Kandungan Gizi Kiwi?

Suatu studi yang dipublikasikan oleh Journal of Nutrition menyebutkan bahwa buah kiwi termasuk dalam jajaran buah yang memiliki kandungan gizi paling banyak. Hal ini ditunjukkan dengan berbagai kandungan yang ada pada buah kiwi, yaitu:

1. Sumber antioksidan

Seperti yang kita ketahui, buah berwarna memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Hal ini berlaku baik untuk buah kiwi hijau maupun kuning. Kandungan antioksidan utama yang ada pada buah kiwi adalah karoten, flavonoid, dan lutein.

Selain itu antioksidan dari vitamin C dan E yang ada pada buah kiwi juga turut menyumbang jumlah antioksidan kiwi semakin tinggi. Antioksidan penting bagi tubuh untuk mencegah radikal bebas penyebab kanker.

2. Kandungan vitamin B kompleks, C, dan E

Kandungan vitamin unggulan yang ada pada buah kiwi adalah vitamin B yang lengkap, yaitu vitamin B1, B2, B6 dan B9. Selain itu vitamin C sebesar 95 mg dalam 100 gram buah kiwi mampu memenuhi kebutuhan vitamin C harian pria dewasa serta memiliki kandungan vitamin E yang baik untuk kulit dan sistem reproduksi.

3. Kaya mineral, magnesium, dan kalium

Dalam 1-2 buah kiwi ukuran sedang terdapat 17 mg magnesium. Angka ini disebut sebagai angka paling tinggi pada buah, sehingga membuat kiwi sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung hingga mengontrol tekanan darah tubuh.

Tidak hanya itu, buah kiwi juga kaya akan kandungan mineral kalium yang semakin mendukung fungsinya untuk kesehatan jantung.

Dengan melihat berbagai kandungan gizi unggulan pada kiwi, rasanya tentu pantas jika kita memilih buah kiwi sebagai variasi konsumsi buah harian, ya!


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi