6 Manfaat Kelapa Muda Vs Kelapa Tua, Mana yang Lebih Bagus?

doktersehat-gizi-kelapa-tua-muda
Photo Credit: Flickr.com/John Revo Puno

DokterSehat.Com– Menurut Anda, mana sih yang lebih bergizi, kelapa tua ataukah kelapa muda? Meskipun sama-sama enak, namun ternyata baik manfaat kelapa muda dan manfaat kelapa tua sama, namun mempunyai kandungan gizi tersendiri, lho! Selain daging buah, manfaat air kelapa muda juga bagus untuk tubuh. Kira-kira, apa saja perbedaan kandungan gizinya? 

Kandungan Gizi Kelapa Muda Vs Kelapa Tua

Seperti yang kita ketahui, bagian luar kelapa muda tampak hijau, memiliki kandungan air yang banyak, dan daging buah tipis bertekstur lembut. Sedangkan bagian luar kelapa tua tampak cokelat, memiliki sedikit air, dan daging buah tebal bertekstur keras. Nah, sekarang simak kandungan gizi kelapa di bawah ini, baik kelapa muda maupun kelapa tua:

1. Kelapa Muda

Satu cangkir daging kelapa muda yang diparut (80 gram) mengandung berbagai nutrisi, di antaranya:

  • Kalori: 283 
  • Protein: 3 gram
  • Lemak: 27 gram 
  • Karbohidrat: 12 gram 
  • Serat: 7 gram 
  • Gula: 5 gram
  • Besi: 2 miligram
  • Kalium: 285 miligram
  • Mangan: 1,2 miligram 
  • Tembaga: 348 mikrogram 

Biasanya, kelapa muda digunakan sebagai bahan untuk membuat minuman seperti es kelapa muda, kue, dan makanan lainnya. 

2. Kelapa Tua

Kandungan gizi kelapa tua dalam satu cangkir (80 gram) memiliki berbagai macam nutrisi sebagai berikut:

  • Kalori: 283
  • Protein: 3 gram
  • Karbohidrat: 10 gram
  • Lemak: 27 gram
  • Gula: 5 gram
  • Serat: 7 gram
  • Mangan: 60% dari Daily Value (DV)
  • Selenium: 15% dari DV
  • Tembaga: 44% dari DV
  • Fosfor: 13% dari DV
  • Kalium: 6% dari DV
  • Besi: 11% dari DV
  • Zinc: 10% dari DV

Sementara kelapa tua biasanya diparut untuk menghasilkan santan, parutan kelapa untuk kue, dan menghasilkan minyak kelapa

Manfaat Kelapa Muda

Selain berbeda kegunaan, berikut beberapa perbedaan kandungan gizi yang ada pada kelapa muda:

1. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh & Saraf

Kandungan kelapa dalam satu cangkir memiliki mangan sebanyak 1,2 miligram, ini sudah mencukupi setidaknya 67 persen dari kebutuhan tubuh sehari-hari. Sementara orang dewasa yang berusia di atas 19 tahun membutuhkan antara 1,8 dan 2,6 miligram mangan per hari.

Manfaat mangan di kelapa muda dapat menjaga sistem kekebalan tubuh dan saraf, dan juga salah satu sumber mineral yang dibutuhkan oleh metabolisme tubuh.

2. Melancarkan Pencernaan

Makan kelapa dalam jumlah sedikit membuat seseorang merasa lebih kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama. Alasannya adalah karena kelapa memiliki kandungan serat tinggi. Sebanyak 7,2 gram kelapa muda sudah mencukupi 20 persen kebutuhan serat harian pria. Berkat kandungan seratnya yang tinggi, manfaat kelapa muda dapat membantu melancarkan pencernaan

3. Menurunkan Kolesterol Jahat

Dalam The Philippine Journal of Cardiology, yang dilansir livestrong.com, manfaat kelapa muda dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dengan meningkatkan jumlah kolesterol baik, berkat kandungan lemak jenuh dalam daging kelapa muda.

Lemak jenuh dalam buah tropis ini tergolong jenis yang mudah pecah sehingga tidak memicu gejala kolesterol tinggi.

Mengingat secangkir daging kelapa mengandung 283 kalori dan 26,8 gram lemak, jika Anda berisiko memiliki kolesterol tinggi atau penyakit jantung, disarankan berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi kelapa muda.

4. Memproduksi Sel Darah Merah

Terkadang orang lebih memilih mengonsumsi daging kelapa muda dibandingkan dengan kelapa tua. Tekstur kelapa muda yang lembut dan kenyal merupakan daya tarik utama ketika dinikmati.

Daging kelapa muda lebih cocok dijadikan minuman atau dimakan langsung setelah minum air kelapa, sedangkan daging kelapa tua cocok digunakan sebagai bahan makanan atau dijadikan santan.

Manfaat daging kelapa muda juga tidak jauh berbeda dengan manfaat air kelapa muda. Kandungan gizi daging kelapa memiliki natrium, kalium, serat dan vitamin B yang cukup baik untuk memproduksi sel darah merah.

Baca juga: 13 Manfaat Air Kelapa Hijau bagi Kesehatan, Bisa Bikin Langsing!

5. Menurunkan Berat Badan

Ternyata daging kelapa muda juga cocok sebagai menu diet harian jika ingin menurunkan berat badan dengan tujuan utama cepat kurus. Kandungan kelapa muda berupa serat akan membuat kenyang lebih lama.

Kelapa aman untuk dikonsumsi oleh segala usia, baik anak kecil maupun orang dewasa dapat menikmatinya dan mendapatkan semua manfaat kelapa muda.

6. Menyehatkan Tulang

Manfaat lemak jenuh baik bagi kesehatan tubuh, terutama dalam pembentukan tulang. Ketika kadar lemak jenuh dalam tubuh dibutuhkan, kerangka tulang bisa terbentuk dengan sempurna.

Jika tidak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh, tulang Anda tidak cukup sehat. Jadi, tidak ada salahnya mengonsumsi beberapa makanan yang mengandung lemak jenuh, asalkan tidak berlebihan mengkonsumsinya.

Manfaat Kelapa Tua

Setelah mengetahui berbagai manfaat kelapa muda, berikut ini beberapa manfaat kelapa tua:

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Daging kelapa tua mengandung banyak minyak kelapa, yang dapat meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol baik) dan mengurangi kolesterol LDL (kolesterol jahat). Ini tandanya dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Orang yang mengonsumsi 200 gram bubur yang dibuat dengan santan mengalami penurunan kolesterol LDL yang signifikan dan meningkatkan kolesterol HDL dibandingkan dengan mereka yang makan bubur tanpa campuran santan.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Sama halnya dengan kelapa muda, manfaat kelapa tua juga dapat membantu menurunkan berat badan.

Studi menunjukkan bahwa trigliserida rantai menengah dalam kelapa dapat menimbulkan perasaan kenyang, pembakaran kalori, dan pembakaran lemak, yang semuanya dapat membantu menurunkan berat badan.

Kandungan serat melimpah pada daging kelapa juga dapat meningkatkan rasa kenyang, yang membantu mencegah makan berlebih.

3. Membantu Menyehatkan Pencernaan

Seperti disebutkan sebelumnya, kelapa memiliki banyak serat, yang membantu melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Karena kelapa juga tinggi lemak, namun dapat membantu tubuh menyerap nutrisi yang larut dalam lemak, termasuk vitamin A, D, E, dan K.

Selain itu, Medium Chain Triglycerides dalam daging kelapa terbukti memperkuat bakteri usus, yang dapat mencegah peradangan dan kondisi seperti sindrom metabolik.

4. Menyehatkan Otak

Medium Chain Triglycerides  dalam minyak kelapa memiliki sumber bahan bakar alternatif untuk glukosa, yang dapat membantu penderita gangguan memori atau fungsi otak, seperti mereka yang menderita penyakit Alzheimer.

5. Mencegah Penuaan

Trans-zeatine adalah kandungan kelapa yang merupakan zat anti-penuaan. Entah makan kelapa, meminum air, membuat masker dari kelapa dan mengoleskannya pada kulit dapat membantu mencegah tanda-tanda penuaan.

 kelapa mungkin juga sebagai solusi bagi banyak masalah penuaan kulit, terutama kondisi kulit keriput yang terbentuk oleh kekendoran kulit di arrea leher dan lengan.

6. Mengontrol Kadar Gula Darah

Kelapa mengandung sedikit karbohidrat dan tinggi serat serta lemak, sehingga dapat membantu menstabilkan gula darah.

Satu studi menemukan bahwa kelapa memiliki manfaat sebagai antidiabetes pada tikus, mungkin karena kandungan arginin nya. Arginin adalah asam amino yang penting untuk sel-sel pankreas, yang melepaskan hormon insulin yang mengatur kadar gula darah..

Ketika tikus penderita diabetes diberi makan protein yang terbuat dari daging kelapa, gula darah, kadar insulin, dan penanda metabolisme glukosa lainnya jauh lebih baik daripada tikus yang tidak makan protein kelapa.

Itulah manfaat kelapa muda vs kelapa tua, yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Bagi Anda yang memiliki gangguan kesehatan seperti kolesterol dan ingin mengonsumsi kelapa, sebgaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter ya, Teman Sehat!

 

Informasi kesehatan ini telah ditinjau oleh dr. Jati Satriyo

 

Sumber:

  1. Bahadur, Nina. 2019. What Are the Benefits of Young Coconut Meat?. https://www.livestrong.com/article/271886-what-are-the-benefits-of-young-coconut-meat/ (Diakses 17 September 2019)
  2. Anggi. 2016. 12 Health Benefits of Young Coconut Meat (Scientific Evidence). https://drhealthbenefits.com/food-bevarages/fruits/health-benefits-young-coconut-meat
  3. Lauren Panoff. 2019. What Is Coconut Meat, and Does It Have Benefits?. https://www.healthline.com/nutrition/coconut-meat#nutrients (Diakses 17 September 2019)
  4. Top 17 Health Benefits of Coconut: Uses & Warnings and Suggestions. https://www.plantshospital.com/health-benefits-of-coconut/ (Diakses 17 September 2019)
  5. Danahy, Anne. 2019. 5 Impressive Benefits of Coconut. https://www.healthline.com/nutrition/coconut-nutrition#section4 (Diakses 17 September 2019)