Terbit: 8 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Anak-anak menjadi salah satu kelompok usia yang paling sering mengalami asma. Meskipun penyebabnya bermacam-macam, namun pemenuhan gizi anak harus tetap terpenuhi meskipun anak mengalami asma. Kira-kira, apa saja sih zat gizi yang penting diperhatikan pada saat anak asma?

3 Gizi Penting untuk Anak dengan Asma

Seperti yang kita ketahui, masa anak-anak adalah masa untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh anak. Oleh karena itu, jika anak sedang mengalami gangguan atau sakit, asupan gizi yang kerap hilang karena beberapa kondisi haruslah diperhatikan.

Beberapa zat gizi yang penting diperhatikan saat anak mengalami asma adalah:

1. Omega 3

Tidak hanya penting untuk perkembangan otak anak, omega 3 ternyata juga terbukti memiliki efek positif untuk kesehatan anak dengan asma. Hal ini disebabkan omega 3 memiliki fungsi pencegahan gangguan peradangan pada paru-paru. Sumber omega 3 yang dianjurkan untuk dikonsumsi anak dengan asma adalah ikan salmon.

2. Antioksidan, vitamin dan mineral

Buah, sayur, biji-bijian dan kacang-kacangan merupakan bahan makanan yang memiliki kandungan vitamin, mineral, fitokimia dan antioksidan yang sangat baik untuk mendukung pemenuhan gizi anak.

Berbagai studi menyebutkan bahwa kandungan flavonoid yang tinggi pada kacang-kacangan sangat baik untuk pernafasan anak, selain itu kandungan pigmen warna dari buah dan sayur berwarna oranye dan hijau mampu mengatasi gejala asma pada anak.

3. Serat

Serat merupakan zat gizi yang mampu mendukung fungsi paru-paru hingga mencegah peradangan pada tubuh dan pencernaan. Serat cukup pada anak dengan asma akan membantu anak dalam mengatasi asma hingga memberikan manfaat optimal bagi kesehatan umum anak.

Nah, itu dia tiga zat gizi yang harus dipenuhi untuk kebutuhan gizi anak dengan asma.

Tercukupinya ketiga jenis zat gizi tersebut tidak hanya akan membantu mengatasi asma anak namun juga akan mendukung proses tumbuh kembang anak maksimal.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi