Terbit: 24 November 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Giring Ganesha, mantan vokalis grup band Nidji belakangan ini mengabarkan kondisi kesehatannya di akun Instagram pribadinya @giring. Dalam unggahannya pada Sabtu, 24 November 2018, Giring terlihat sedang terbaring di atas ranjang rumah sakit dengan infus di tangannya. Meskipun terlihat lemah, Giring tetap ceria karena dikelilingi empat anaknya.

Giring Nidji Baru Menjalani Operasi Laparoskopi

Giring ternyata sedang dirawat di Rumah Sakit Pondok Indah yang ada di Jakarta Selatan. Menurut istrinya, Cynthia Riza, keluarga Giring termasuk ibunya berada di rumah sakit untuk menemaninya. Kondisi Giring juga sudah jauh lebih sehat dari sebelumnya.

“Terima kasih dokter Okto, dokter Taslim dan para suster dari Rumah Sakit Pondok Indah. Laparoskopinya berjalan lancar dan aku sudah merasa lebih sehat,” tulis Giring di akun Instagram pribadinya.

Riza melalui akun instagramnya, @cynthiaganesha menyebut suaminya menderita penyakit usus buntu sehingga harus menjalani operasi laparoskopi untuk mengatasinya. Operasi ini adalah yang pertama kali dilakukan dalam hidup Giring.

“Ini operasi pertamanya Mas Giring. Laparoskopi untuk mengatasi usus buntu. Alhamdulillah operasinya berjalan dengan lancar,” tulis Riza.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

Sebenarnya, operasi laparoskopi termasuk dalam tindakan bedah yang minimal. Operasi ini dilakukan dengan cara melihat ke bagian dalam perut tanpa perlu melakukan pembedahan besar. Teknik operasi ini diperkenalkan di awal tahun 90an dengan memakai sayatan yang kecil, yakni 2 atau 3 cm saja. Dengan pembedahan yang kecil, maka pasien membutuhkan waktu pemulihan yang sebentar sehingga biaya yang dihabiskan juga tidak banyak.

Bahkan, berkat perkembangan teknologi medis yang luar biasa, kini operasi laparaskopi bahkan hanya membutuhkan sayatan yang lebih kecil, yakni sekitar 0,5 hingga 2 cm saja. Hal ini berarti, pasien tidak akan membutuhkan waktu pemulihan yang lama.

Bagaimana bisa operasi ini dilakukan dengan sayatan sekecil itu? Hal ini disebabkan oleh adanya alat bantu berupa kamera berukuran mini yang bisa dimasukkan ke dalam rongga perut sehingga akan membuat dokter mengetahui bagain mana yang harus diatasi. Selain itu, proses ini juga menggunakan peralatan canggih bernama Endo Alfa yang memungkinkan prosesnya berlangsung dengan lancar.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi