Terbit: 24 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Ginseng dikenal sebagai salah satu bahan alami yang sangat berkhasiat. Terutama dalam menjaga kesehatan tubuh Anda. Tidak hanya ampuh mengobati penyakit dalam, Ginseng juga digunakan untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit. Salah satu jenis Ginseng yang berkaitan dengan hal tersebut adalah ginseng Siberia yang berbeda dengan Ginseng Panax. Berikut manfaat dari ginseng Siberia dilansir dari laman Lisa Lise Blog.

Mengintip Khasiat Ginseng Siberia untuk Kulit

1. Mengatasi Masalah Penuaan

Tidak berbeda jauh dengan jenis ginseng Panax, ginseng Siberia ternyata juga dilengkapi dengan kandungan zat antioksidan yang cukup tinggi. Tidak heran jika bahan satu ini mampu mengatasi masalah penuaan. Terutama yang disebabkan oleh dampak buruk radikal bebas. Jadi, jangan heran jika mengonsumsi suplemen dari ginseng Siberia secara rutin akan menjadikan kulit tetap kencang dan kenyal.

2. Melindungi Kulit dari Sinar UV

Selain mengatasi masalah penuaan, Anda juga dapat menggunakan ginseng Siberia untuk melindungi kulit. Terutama dari paparan sinar matahari yang mengandung ultraviolet. Ultraviolet sendiri merupakan jenis sinar radiasi yang dapat menembus lapisan kulit dan memicu terjadinya pigmentasi. Jika dibiarkan begitu saja, kulit akan tampak kusam hingga menjadi lebih gelap. Bahkan tidak jarang paparan sinar matahari yang berlebihan menjadi penyebab dari kanker kulit. Sedangkan kandungan antioksidan pada ginseng Siberia akan membentuk lapisan pelindung yang mencegah sinar ultraviolet menembus kulit.

3. Mengatasi Jerawat

Selain mengandung antioksidan tinggi, ginseng Siberia juga dilengkapi dengan zat anti peradangan. Tidak heran jika bahan alami satu ini juga bisa dimanfaatkan dalam mengatasi masalah jerawat. Mengonsumsi atau menggunakan ginseng Siberia akan mempercepat proses penyembuhan kulit berjerawat sekaligus menjadikan kulit lebih bersih.

Ginseng Siberia sendiri memang masih belum sepopuler ginseng Panax. Kendati demikian, bahan alami satu ini sudah banyak diolah dalam bentuk suplemen maupun kosmetik dan produk perawatan kulit yang sangat bermanfaat.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi