Terbit: 26 Agustus 2020
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Ginseng Korea adalah akar yang memiliki khasiat untuk berbagai masalah kesehatan, termasuk meningkatkan sistem imun hingga mengatasi disfungsi ereksi. Simak informasi selengkapnya mulai dari kandungan nutrisi ginseng, manfaat, dan efek sampingnya di bawah ini!

Ginseng Korea: 10 Manfaat untuk Kesehatan, Kandungan, & Efek Samping!

Kandungan Nutrisi Ginseng Korea

Ginseng Korea mengandung sejumlah nutrisi yang berkhasiat untuk pengobatan, di antaranya:

  • Ginsenosides
  • Panaxans
  • Protein
  • Salisilat
  • Saponin
  • Sakarida
  • Asam vanilat
  • Asam fenolik
  • Minyak atsiri
  • Nukleosida
  • Vitamin C
  • Flavonoid

Manfaat Ginseng Korea untuk Kesehatan

Ginseng Korea atau juga disebut panax ginseng adalah tanaman akar yang sudah sejak dahulu digunakan sebagai obat herbal dan suplemen. Ginseng ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena sejumlah kandungan nutrisi di dalamnya.

Berikut ini adalah berbagai manfaat ginseng Korea bagi kesehatan:

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Khasiat ginseng Korea yang pertama mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan membantu memperkuat paru-paru sehingga cocok untuk penderita asma, dispnea, batuk kronis, dan berkeringat tanpa alasan yang jelas. Maka tak heran tanaman herbal dari negeri ginseng ini sering digunakan sebagai suplemen untuk mencegah penyakit.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

2. Mencegah Flu dan Pilek

Pancaroba atau peralihan antara dua musim, dari musim kemarau ke penghujan, biasanya mendatangkan penyakit seperti flu dan pilek yang sangat umum terjadi.

Kebanyakan orang biasanya tidak ingin mengonsumsi obat-obatan untuk kondisi yang tergolong ringan ini. Sebagai alternatif, mereka menggunakan obat herbal untuk mengurangi gejala flu dan pilek, salah satunya ginseng.

Jika disajikan menjadi teh, manfaat ginseng Korea sangat bagus karena kandungan yang terdapat di dalamnya efektif memperkuat leukosit, sel darah putih yang mampu melawan benda asing,bakteri, parasit, dan virus memasuki tubuh. Teh ini juga dapat membantu membuat sel-sel agresif lainnya yang dapat meningkatkan kesehatan.

3. Meningkatkan Daya Ingat dan Kognitif

Senyawa kimia ginsenosides yang ditemukan dalam ginseng membantu meningkatkan daya ingat dan meningkatkan kemampuan kognitif, sehingga bermanfaat dalam mengatasi konsentrasi yang buruk, fungsi mental yang lamban, ingatan yang buruk, kecemasan, dan insomnia.

Biasanya, khasiat ginseng Korea telah dimasukkan ke dalam beberapa multivitamin karena kemampuannya dalam melawan efek negatif stres pada tubuh.

4. Meningkatkan Energi

Gaya hidup sehari-hari yang membuat seseorang tidak banyak bergerak tidak hanya akan menyebabkan tubuh mudah terserang penyakit, tetapi juga meningkatkan kadar stres dan kecemasan. Guna mencegahnya, cobalah minum teh ginseng secara teratur untuk meningkatkan energi yang membuat Anda aktif secara fisik.

5. Membantu Mengurangi Stres

Menurut University of Maryland Medical Center, ginseng dianggap sebagai adaptogen oleh kebanyakan herbalis. Manfaat ginseng Korea dapat membantu tubuh mengatasi stres dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

Begitu pun penelitian yang diterbitkan di Fitoterapia menyatakan bahwa efek positif ginseng mampu memperkuat sumbu hipotalamus-hipofisis-adrenal (bagian sistem neuroendokrin yang terlibat dalam reaksi tubuh terhadap stres), sehingga meningkatkan sekresi hormon penghilang stres seperti kortikotropin.

Hormon-hormon tersebut dapat membantu tubuh mengatasi stres dan mengurangi kadarnya seminimal mungkin.

Baca Juga: 8 Manfaat Teh Ginseng untuk Kesehatan Berdasarkan Penelitian

6. Mengatasi Insomnia

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, manfaat ginseng Korea membantu mengatasi susah tidur alias insomnia. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan gangguan tidur, yang mungkin membuat Anda merasa gelisah dan kelelahan keesokan harinya saat bangun.

Guna mengatasi masalah ini, minum teh ginseng yang dikenal untuk mendukung kelenjar endokrin, yang membantu memetabolisme vitamin dan meningkatkan penyerapan mineral. Hasilnya, tubuh mampu membantu menyerap nutrisi dengan baik yang pada akhirnya membuat tidur malam lebih nyenyak.

7. Efek Antioksidan

Kadar ginsenosides yang tinggi di dalam ginseng Korea dapat memberikan efek antioksidan yang telah dibuktikan dan dipublikasikan dalam berbagai penelitian. Seperti yang kita ketahui, antioksidan dikenal berkhasiat melindungi tubuh dari dampak buruk radikal bebas yang memicu datangnya berbagai penyakit seperti kanker.

8. Efek Antiinflamasi

Menurut hasil penelitian yang lansir dalam Journal of Translational Medicine, senyawa aktif ginsenoside di dalam ginseng tidak hanya memiliki efek antioksidan, tetapi juga memiliki efek antiinflamasi. Itu artinya, ginseng dapat digunakan untuk mengurangi peradangan.

Peneliti dalam jurnal tersebut menyatakan bahwa ginsenoside mungkin bertanggung jawab untuk menargetkan jalur dalam sistem kekebalan tubuh yang dapat mengurangi peradangan.

9. Menjaga Kesehatan Jantung

Khasiat ginseng Korea dalam bentuk teh berpotensi untuk menstabilkan kadar kolesterol dalam darah, menurunkan low-density lipoprotein (LDL) atau disebut sebagai kolesterol jahat. LDL adalah kolesterol berbahaya yang menyumbat arteri, pembuluh darah yang mengangkut darah dari jantung ke seluruh jaringan.

Seperti yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya, teh ginseng mengandung antioksidan untuk membantu melawan radikal bebas yang merusak jaringan jantung dan arteri.

10. Mengatasi Disfungsi Ereksi

Khusus untuk pria, ginseng Korea dapat membantu mengatasi masalah seksual. Ini karena efek vasodilatasi dalam ginseng pada pembuluh darah memungkinkan ereksi yang lebih baik dengan menstimulasi sirkulasi darah pada batang penis.

Efek vasodilatasi ini dibuktikan dalam penelitian secara klinis yang telah diterbitkan dalam jurnal internasional, yang memungkinkan ginseng memperoleh klaim resmi untuk membantu meningkatkan ereksi dan menjaga hubungan seksual yang baik.

Sedangkan untuk wanita, obat herbal ini telah menunjukkan khasiatnya untuk membantu meningkatkan libido setelah menopause.

Baca Juga: 20 Manfaat Ginseng untuk Wajah dan Kesehatan

Efek Samping Ginseng Korea

Meskipun memberikan khasiat yang bagus untuk kesehatan, ginseng memiliki beberapa efek samping yang ringan hingga serius. Untuk itu, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi obat herbal ini.

Berikut ini sejumlah efek samping ginseng yang ringan:

  • Insomnia (efek samping yang paling umum)
  • Meningkatkan efek samping kafein (seperti gelisah)
  • Sakit kepala
  • Diare
  • Agitasi
  • Mual
  • Gangguan menstruasi
  • Pendarahan vagina
  • Nyeri payudara
  • Pusing
  • Peningkatan atau penurunan tekanan darah.

Ginseng Korea menimbulkan efek samping serius pada tubuh. Oleh karenanya, penting untuk berhenti mengonsumsi suplemen dan segera mendapatkan pertolongan medis jika mengalami salah satu dari gejala berikut:

  • Detak jantung tidak teratur atau cepat.
  • Reaksi alergi yang serius, termasuk ruam, gatal, atau bengkak (di sekitar wajah, bibir, lidah, dan tenggorokan) pusing, dan gangguan pernapasan.

 

  1. Anonim. 2018. Korean Ginseng 101: What is Korean Ginseng?. https://www.naturaltherapypages.com.au/article/health-benefits-korean-ginseng. (Diakses pada 26 Agustus 2020)
  2. Anonim. 2019. Health Benefits Of Korean Ginseng. https://ginseng-premium.com/en/health-benefits-of-korean-ginseng/. (Diakses pada 26 Agustus 2020)
  3. Christiansen, Sherry. 2020. The Health Benefits of Korean Ginseng. https://www.verywellhealth.com/korean-ginseng-benefits-4588917. (Diakses pada 26 Agustus 2020)
  4. Mayo Clinic Staff. 2019. Dietary supplements for erectile dysfunction: A natural treatment for ED?. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/erectile-dysfunction/in-depth/erectile-dysfunction-herbs/art-20044394. (Diakses pada 26 Agustus 2020)


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi