Terbit: 4 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Banyak orang bertanya-tanya apakah suplemen herbal bisa membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh sehingga bisa menurunkan risiko terkena diabetes atau membantu penderita diabetes mengatur kadar gula darahnya. Menurut pakar kesehatan, jawaban dari pertanyaan ini ternyata adalah bisa.

Ginseng Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah?

Dilansir dari News Max Health, suplemen ginseng ternyata bisa menurunkan kadar gula darah pada tubuh penderita diabetes. Bahkan, sebuah penelitian membuktikan bahwa ginseng berjenis panax mampu menurunkan gula darah hanya dalam waktu satu jam setelah dikonsumsi.

Ginseng adalah sejenis tanaman herbal yang telah digunakan oleh manusia selama berabad-abad untuk berbagai metode pengobatan. Pakar kesehatan pun telah berhasil membuktikan berbagai macam manfaat kesehatan dari ginseng dalam berbagai studi.

Tak hanya menurunkan kadar gula darah, jika penderita diabetes rutin mengonsumsi ginseng, maka nafsu makan pada tubuh mereka bisa ditekan secara alami. Hal ini ternyata bisa membantu para penderita diabetes untuk menjaga berat badannya dan akhirnya bisa mencegah datangnya komplikasi diabetes yang mematikan.

Sebagai informasi, komplikasi diabetes bisa berupa penyakit jantung, stroke, kerusakan saraf, atau bahkan penyakit ginjal. Selain itu, banyak penderita diabetes yang terpaksa harus menjalani amputasi pada beberapa bagian tubuh tertentu karena kadar gula darah dalam tubuhnya tak terkendali sehingga bisa memicu infeksi parah pada luka yang tak bisa disembuhkan.

Hanya saja, pakar kesehatan menyarankan pasien diabetes untuk berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi suplemen ginseng agar bisa mendapatkan manfaatnya dengan maksimal.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi