Terbit: 22 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Gigi tanggal adalah masalah yang kerap terjadi para orang tua atau sebagian orang dewasa. Meski terlihat sebagai hal yang normal, bagi sebagian pakar kesehatan, tanggalnya gigi di usia tertentu ternyata bisa menandakan adanya risiko penyakit jantung.

doktersehat-orangtua-gigi-palsu

Dikutip dari Express.co.uk, masalah kesehatan gigi ternyata berkaitan erat dengan peradangan, diabetes, dan masalah kesehatan yang lebih serius lainnya. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pakar kesehatan dari The Tulane University School of Public Health and Tropical Medicine dan Harvard T.H. Chan School of Public School, sekelompok partisipan berusia 45-69 tahun yang tidak mengalami gejala penyakit jantung diperiksa kondisi kesehatannya, termasuk giginya.

Para partisipan ini dicek kondisi giginya di awal penelitian dan terus dicek secara berkala jumlahnya hingga lebih dari 8 tahun. Para peneliti juga mengecek seberapa banyak orang yang terkena penyakit kardiovaskular pada partisipan yang tidak kehilangan gigi, kehilangan satu gigi, dan kehilangan dua gigi atau lebih dalam rentang 12-18 tahun.

Dr. Lu Qi, salah seorang peneliti yang terlibat menyebutkan bahwa kehilangan gigi di usia pertengahan (45 hingga 65 tahun) seringkali disebabkan oleh peradangan. Bahkan, jika gigi yang tanggal berjumlah dua atau lebih, sepertinya hal ini terkait dengan penyakit kardiovaskular.

Para partisipan dengan jumlah gigi tanggal mencapai 2 atau lebih cenderung mengalami peningkatan risiko terkena penyakit jantung hingga 16 persen dibandingkan dengan para partisipan yang tidak mengalami gigi tanggal sama sekali.

Menurut. Dr. Qi, penemuan ini diharapkan bisa menyadarkan orang-orang yang mengalami gigi tanggal di usia pertengahan agar mulai menerapkan gaya hidup sehat sehingga tidak sampai mengalami masalah kesehatan yang mematikan.

Gigi Sobat Sehat masih genap atau sudah ada yang tanggal?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi