Gigi Mudah Lepas Tanda Diabetes?

mulut-gigi-doktersehat

DokterSehat.Com– Penderita diabetes biasanya akan mewaspadai kondisi kaki dan penglihatannya. Hal ini disebabkan oleh kedua bagian tubuh ini yang memang lebih rentan terkena masalah kesehatan seperti gangguan penglihatan atau munculnya luka yang sulit disembuhkan. Padahal, sebenarnya penderita diabetes juga sebaiknya mewaspadai kondisi giginya. Hal ini disebabkan oleh diabetes yang ternyata mampu membuat gigi mudah lepas.

Kaitan antara diabetes dengan kesehatan gigi

Pakar kesehatan Profesor Bei Wu dari Duke University menyebutkan bahwa diabetes memang terkait dengan kesehatan gigi dan mulut. Sebagian dari warga Amerika Serikat yang memiliki penyakit gusi bahkan cenderung terkait dengan diabetes. Selain itu, mereka juga lebih rentan terkena gigi lepas. Kaitan antara mudahnya gigi lepas pada penderita diabetes memang belum jelas, hanya saja, Prof. Bei Wu menyebutkan bahwa hal ini disebabkan oleh menurunnya kondisi gigi dan mulut pada penderita diabetes.

Prof. Wu melakukan sebuah penelitian yang melibatkan 37 ribu warga Amerika Serikat yang mengikuti US National Health and Nutrition Examination Survey dalam rentang waktu 1971 hingga 2012. Hasil dari penelitian ini adalah, jumlah kasus gigi lepas memang cenderung semakin menurun, hanya saja, kasusnya cenderung lebih sering terjadi pada penderita diabetes.

“Karena alasan inilah American Diabetes Association menyarankan penderita diabetes untuk rutin memeriksakan diri ke dokter gigi, tidak hanya melakukan pemeriksaan pada mata dan kakinya saja,” ungkap Prof. Wu.

Penyebab lain gigi mudah lepas

Selain menjadi pintu gerbang dari berbagai macam makanan dan minuman, mulut juga bisa menjadi sarang dari berbagai bakteri. Karena alasan inilah jika kita malas merawat kebersihan gigi dan mulut, bakteri bisa semakin banyak jumlahnya dan akhirnya menyebabkan kenaikan risiko terkena penyakit gigi dan mulut, termasuk gigi mudah lepas.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan gigi mudah lepas yang patut untuk kita waspadai.

  1. Penyakit gusi

Penyakit gusi seringkali disebabkan oleh kebiasaan malas menyikat gigi dengan teratur, khususnya sebelum tidur. Hal ini bisa menyebabkan penumpukan karang gigi yang akhirnya memicu dampak buruk bagi kesehatan gusi. Jika sampai gusi rusak, maka jaringan penyokong gigi juga akan semakin melemah dan akhirnya membuat gigi lepas. Karena alasan inilah kita sebaiknya mulai waspada jika gusi mudah berdarah, khususnya saat menggosok gigi.

  1. Terkena trauma

Gigi juga lebih rentan copot jika terkena cedera atau trauma. Sebagai contoh, jika seseorang terkena kecelakaan atau benturan keras pada mulut, maka gigi pun bisa saja lepas.

  1. Bruxism

Bruxism adalah kondisi yang membuat kita menggeretakkan gigi saat tidur. Kita tidak sadar mengalami kondisi ini. Padahal, hal ini akan membuat gigi mengalami kerusakan dan lebih rentan lepas di kemudian hari.

  1. Penyakit sistemik

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, gigi yang mudah lepas bisa saja terkait dengan masalah kesehatan yang lebih serius. Selain diabetes mellitus, bisa jadi kondisi ini juga terkait dengan penyakit jantung yang tentu tidak bisa disepelekan begitu saja.

Masalah kesehatan pada gigi dan gusi cenderung menunjukkan gejala yang jelas. Selain gigi lepas, kita juga biasanya akan mengalami nyeri pada gigi atau bahkan masalah pada gusi seperti pembengkakan parah, kemerahan, dan perdarahan.

Jika kita mulai sering mengalami gejala kesehatan ini, sebaiknya segera memeriksakan kondisi kesehatan secara keseluruhan demi memastikan apa penyebab sebenarnya. Selain itu, kita juga sebaiknya menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan lebih baik.