Terbit: 19 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Senyum anak-anak begitu manis dan sering melelehkan hati setiap orang tua. Akan tetapi, senyum anak bisa menimbulkan kesan janggal di saat Anda mulai melihat gejala gigi hitam pada anak. Senyum manis yang dulu pernah ia miliki berubah menjadi senyum ‘horor’.

Mengenal 7 Penyebab Gigi Hitam Pada Anak

Banyak orang tua yang penasaran mengapa gigi anak hitam seperti itu. Rasa penasaran tersebut sering kali diikuti dengan rasa khawatir. Tenang, Anda tak perlu khawatir karena terdapat beberapa penjelasan mengapa gigi anak hitam. Oleh karena itu, baca terus untuk mengetahui apa saja yang menjadi penyebab gigi hitam pada anak.

Penyebab gigi hitam pada anak

Banyak orang tua yang memiliki kekhawatiran saat baru menyadari gigi anak hitam. Orang tua tidak perlu khawatir karena ada beberapa hal yang bisa dijelaskan mengapa gigi hitam pada anak bisa terjadi. Setelah Anda mengetahui penyebabnya maka Anda akan memahami mengapa itu terjadi dan bisa mencari solusi untuk mengatasinya.

Berikut ini adalah penyebab gigi hitam pada anak:

1. Tidak rajin menyikat gigi

Penyebab utama terjadinya gigi hitam pada anak sering kali dikarenakan orang tua atau anak tidak rajin menyikat gigi. Kegiatan menyikat gigi anak merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga kebersihan gigi anak agar tetap putih.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

Apabila Anda tidak rajin menyikat gigi anak terutama pada saat malam hari sebelum tidur maka gigi anak Anda menjadi tidak bersih akibat masih ada sisa makanan yang tertinggal. Sisa makanan ini yang akan dihinggapi oleh kuman-kuman di dalam mulut. Hal inilah yang menyebabkan gigi anak menjadi hitam.

Baca juga: Biasakan Anak Anda Sikat Gigi Sejak Bayi!

2. Efek penggunaan botol untuk menyusu

Anak-anak yang sejak bayi dibiasakan menggunakan botol untuk menyusu cenderung akan memiliki gigi hitam. Sekalipun Anda memberikan ASI perah tetapi di dalam botol maka gigi anak akan hitam. Plastik yang ada pada nipple botol akan menimbulkan pembusukan gigi.

Karies atau pembusukan gigi terjadi karena pada saat bayi anak-anak mengonsumsi susu di malam hari, ia menggunakan botol sambil tertidur dalam waktu yang cukup lama. Botol akan membuat gigi busuk dan menjadi hancur lalu terjadi gejala gigi hitam pada anak.

3. Mengonsumsi susu manis saat tidur

Penggunaan botol yang bisa menjadi penyebab gigi anak hitam akan semakin parah apabila anak mengonsumsi susu manis. Pemberian susu formula yang biasanya mengandung gula lalu diberikan di dalam botol merupakan kombinasi penyebab gigi hitam pada anak.

Gula yang masih tertinggal di dalam mulut akan membusuk akibat diurai oleh kuman-kuman di dalam mulut. Pembusukan tersebut akan menghancurkan lapisan gigi dan mengubahnya menjadi hitam. Apalagi proses pembusukan gigi ini terjadi di malam hari dengan waktu tidur yang panjang.

4. Gigi yang kurang kuat

Anak yang tidak mengonsumsi ASI Ekslusif cenderung memiliki gigi yang lebih lemah terutama untuk anak laki-laki. Hal ini dikarenakan susu formula tidak menyesuaikan jenis kelamin bayi. Kandungan air susu ibu (ASI) menyesuaikan dengan jenis kelamin bayi.

Kandungan kalsium pada ASI untuk anak laki-laki adalah dua kali lipat daripada kandungan ASI yang terdapat pada ASI untuk bayi perempuan. Hal ini bertujuan diperlukan karena laki-laki memerlukan gigi dan tulang yang lebih kokoh. Gigi yang kurang kuat akan lebih cepat mengalami pembusukan, cidera, terkena efek obat, dan lainnya.

5. Pemakaian obat-obatan tertentu

Pemakaian obat-obatan tertentu bisa menjadi penyebab gigi hitam pada anak. Biasanya, anak-anak yang mengonsumsi vitamin dengan kandungan zat besi akan memiliki gigi yang mulai menghitam.

Hal ini dikarenakan zat besi bisa membuat gigi hitam akibat noda yang ditimbukannya. Oleh karena itu, sebaiknya anak mendapatkan asupan zat besi secara alami yakni berupa makanan dan tidak dalam jumlah yang berlebih.

6. Makanan dan minuman tertentu

Makanan dan minuman tertentu bisa menjadi penyebab gigi anak hitam. Banyak jenis minuman dan makanan yang dapat menodai gigi anak-anak hingga menjadi hitam.  Makanan yang mengandung kandungan fruktosa tinggi atau sirup jagung akan menyebabkan perubahan warna dan menyebabkan kerusakan gigi.

Makanan dengan kandungan zat besi tinggi juga akan membuat gigi anak menjadi hitam. Anak-anak yang lebih tua memiliki peluang lebih besar untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan zat besi tinggi seperti kopi, teh, kecap, kentang, ceri, berry dan minuman ringan.

Baca juga: Makanan Untuk Memperkuat Gigi dan Gusi Anak

7. Cidera atau trauma pada gigi dan gusi

Gigi anak bisa menjadi hitam dikarenakan ia mengalami cidera atau trauma pada gigi. Tidak hanya pada gigi, cidera atau trauma pada gusi juga bisa menyebabkan gigi hitam pada anak. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menjaga gigi dan gusi terhindar dari cidera dan trauma.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi