Gesekan di Penis: Penyebab, Penanganan, Pencegahan, dan Tanda-tandanya

gesekan-panas-di-penis-doktersehat

DokterSehat.Com – Area selangkangan dikenal sangat sensitif, apalagi kalau sudah sampai di kemaluan. Berbagai gangguan bisa saja terjadi mulai penyakit menular hingga gesekan yang bisa menyebabkan kulit jadi kemerah-merahan dan terasa sangat panas. Nah, kira-kira apa penyebab gesekan merah dan terasa panas itu di penis?

Tanda gesekan di area penis

Gesekan yang terjadi di penis dan sekitarnya hampir sama dengan gesekan yang terjadi di bagian tubuh lainnya. Meski demikian, karena lokasinya berada di penis, kondisi kulitnya akan jauh lebih sensitif dan menyebabkan masalah yang jauh lebih besar.

Anda juga harus bisa tahu apakah gesekan atau luka yang terjadi hanya sesuatu yang sederhana atau karena ada hal yang cukup serius. Berikut beberapa gejala gesekan di penis dan terasa panas seperti terbakar.

  • Warna dari kulit yang mengalami gesekan akan menjadi sangat merah. Perubahan ini menyebabkan beberapa masalah seperti agak bengkak dan nyeri saat disentuh.
  • Jika dilihat sekilas, area di penis yang mengalami gesekan seperti terlihat mirip heartburn atau terbakar karena api. Warnanya sangat mencolok dan berbeda dengan area lain yang jauh lebih sehat.
  • Area yang mendapatkan gesekan terasa jauh lebih panas dan nyeri. Saat disentuh Anda akan merasa tidak nyaman. Hal ini akan berlanjut kalau luka tergesek pakaian dalam.

Kondisi di atas bisa muncul karena area di penis memang lembab dan gesekan terjadi lebih intens. Selain itu, penyakit menular seksual juga memunculkan tanda di atas disertai dengan beberapa hal di bawah ini.

  • Muncul cairan dari penis yang tidak normal. Cairan itu biasanya memiliki warna kehijauan, kuning, dan berair.
  • Area di sekitar penis khususnya di bagian batang terasa sangat gatal dan mengganggu. Saking banyaknya rasa gatal yang muncul, Anda jadi sulit menahan diri untuk tidak menggaruknya.
  • Testis akan mengalami pembengkakan yang terasa sakit saat disentuh. Kondisi ini membuat pria tidak nyaman saat duduk atau saat menggunakan kendaraan roda dua.
  • Rasa nyeri yang intens di penis dan juga testis. Rasa nyeri ini tidak selalu disertai dengan perubahan bentuk penis seperti pembengkakan.
  • Saat buang air kecil terasa sangat nyeri dan panas di lubang penis. Hal ini akan terjadi berkali-kali sehingga pria selalu merasa tidak nyaman saat berkemih.
  • Kemungkinan muncul nyeri di bawah perut atau penis saat bercinta. Bahkan, ejakulasi justru terasa menyakitkan.

Kondisi di atas disebabkan oleh beberapa penyakit menular seksual seperti gonore, klamidia, herpes, sifilis, balanitis, dan juga infeksi jamur.

Penyebab gesekan di penis

Penyebab gesekan di penis ada banyak dan biasanya disebabkan oleh aktivitas yang dilakukan oleh pria sendiri atau karena ada masalah di penis. Berikut penyebab gesekan di penis yang sering terjadi.

  • Masturbasi yang sangat intens. Pria yang melakukan masturbasi secara intens kerap membuat gesekan di penis dan menyebabkan luka. Hal ini akan semakin parah kalau saat masturbasi pria tidak menggunakan pelumas yang tepat atau malah masturbasi kering.
  • Melakukan seks yang terlalu intens juga bisa menyebabkan masalah yang besar pada penis. Gesekan bisa muncul dan terasa tidak nyaman saat disentuh.
  • Menggunakan pakaian yang terlalu kecil seperti celana dalam terlalu ketat atau celana luar yang kekecilan. Kalau pakaian yang digunakan terlalu kecil dan tidak nyaman, peluang terjadi gesekan di penis akan sangat besar dan memicu kondisi tidak nyaman saat berjalan.
  • Mengeringkan penis dengan kasar meski menggunakan handuk yang kasar. Harusnya handuk yang digunakan ke penis lebih lembut dan tidak memicu gesekan yang besar.

Penanganan gesekan di penis

Gesekan di area penis tidak akan menjadi masalah yang besar asal ditangani dengan benar. Selain, asal tidak disebabkan oleh penyakit menular seksual, penyembuhan akan berjalan dengan sendirinya. Berikut cara lain yang bisa digunakan untuk penyembuhan.

  • Menggunakan celana dengan bahan yang lebih nyaman, longgar, dan tidak memicu gesekan lebih lanjut.
  • Sebisa mungkin tidak membuat area yang terkena gesekan menjadi lembab dan keringat memudahkan terjadinya infeksi.
  • Kalau area itu kering dan agak tidak nyaman, Anda bisa mengaplikasikan krim untuk membuatnya lebih lembap.
  • Sebisa mungkin untuk tidak melakukan seks atau masturbasi terlebih dahulu. Biarkan luka yang terjadi mengering dengan sendirinya dan sembuh.
  • Saat berada di rumah dan beristirahat, ada baiknya menggunakan bokser atau jangan pakai celana dalam yang ketat dulu. Biarkan area yang tergesek jadi kering dengan sendirinya.

Mencegah munculnya gesekan di penis

Kalau Anda tidak ingin mengalami gesekan di area penis dan terasa panas serta nyeri, lakukan beberapa hal di bawah ini.

  • Gunakan pakaian yang nyaman dan tepat. Jangan asal memakai pakaian khususnya celana dalam yang kekecilan. Kalau Anda melakukannya, gesekan semakin mudah terjadi dan keringat juga mudah sekali muncul.
  • Jaga sanitasi dari area di selangkangan. Kalau Anda mudah berkeringat dan area itu jadi kian basah, sebisa mungkin ganti celana dalam. Kalau tetap memakainya, keringat dan kotoran akan memicu iritasi dan gesekan yang terjadi semakin parah.
  • Jangan melakukan seks atau masturbasi terlalu kasar dan tidak mengindahkan keselamatan diri.
  • Bersihkan area penis dengan baik dan jangan asal menggunakan handuk atau pakaian yang kasar.

Inilah beberapa ulasan tentang gesekan yang menyebabkan masalah pada penis dan area di sekitarnya. Gesekan yang terjadi sering terasa tidak nyaman dan bahkan memicu infeksi dan gangguan lainnya. Kalau Anda merasa memiliki gangguan di area penis dan sedikit sulit diatasi, segera bawa ke dokter agar ditangani dengan baik.