Sehatkan Mata dengan Teknik serta Gerakan Berikut ini

mengobati-mata-minus-doktersehat

DokterSehat.Com– Memiliki mata yang sehat adalah sebuah anugerah yang harus selalu dijaga dan tidak boleh diabaikan. Sebab, ketika mata sudah tidak sehat, maka kita akan merasakan berbagai hal yang menyebalkan, salah satunya adalah pandangan buram dan sering pusing karena memaksakan mata untuk melihat.

Dengan begitu, maka sangatlah penting untuk menjaga kesehatan mata sebelum mengalami gangguan. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan mata kita, seperti rutin mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A. Namun, lebih dari itu ternyata ada juga tips gerakan yang bisa membuat mata kita selalu sehat. Apa saja gerakan tersebut? Berikut diantaranya:

1. Memutar Bola Mata

Gerakan memutar bola mata adalah gerakan yang paling mudah dilakukan untuk menyehatkan mata kita. Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah duduk dengan tegap kemudian lembutkan pandangan kita dengan melemaskan otot wajah terutama pada bagian mata. Setelah itu, lakukan gerakan memutar bola melingkar searah jarum jam dan ulangi hingga lima kali. Tutup mata dan cobalah untuk rileks. Ulangi gerakan memutar bola mata dengan arah yang berlawan. Jika kita melakukan gerakan menyehatkan mata ini secara rutin setiap hari, maka tak hanya mata yang sehat, melainkan juga bisa mengurangi rasa stres, apalagi dilakukan sebelum dan sesudah bangun tidur.

2. Mengubah Fokus Objek

Gerakan menyehatkan mata berikutnya kita bisa mencoba mengubah jarak fokus objek yang kita lihat. Cukup luruskan ibu jari di depan mata dan tentukan obyek yang lebih jauh di belakang ibu jari. Fokuskan mata kita pada ibu jari, fokuskan hingga pandangan terasa melekat dan terlihat jelas sebelum mengubah fokus pandangan. Lalu, alihkan pandangan kita ke objek lain yang lebih jauh dan kembali lagi lagi ibu jari.

3. Melihat Ujung Hidung

Kita juga bisa melihat ujung hidung sebagai gerakan menyehatkan mata lainnya. Lakukan dengan posisi duduk bersila, angkat tangan kanan ke depan mata, lalu fokuskan mata pada telunjuk. Kemudian, bengkokan telunjuk kita ke ujung hidung, namun mata tetap berfokus pada ujung telunjuk. Kemudian, kembalikan tangan ke posisi semula yaitu posisi menunjuk. Lakukan hal ini berulang kali sebagai senam mata.