Lelah di Kantor? Lakukan 4 Teknik Sederhana ini

kerja-kantor-stres-doktersehat
Photo Credit: pexels.com

DokterSehat.Com– Kebugaran tubuh merupakan hal yang tidak bisa ditawar. Apapun dan di mana pun kondisinya, kita harus selalu menjaga kebugaran tubuh agar terhindar dari berbagi macam masalah kesehatan. Sebab, jika kebugaran sudah terganggu, maka seluruh aktivitas kita akan terganggu.

Maka dari itu, bagi Anda yang memiliki rutinitas padat dalam bekerja, jangan lupa untuk melakukan gerakan serta teknik khusus di waktu senggang atau di sela-sela pekerjaan. Sebab, ketika tubuh sudah lelah dan Anda tetap memaksakan, bisa membuat masalah yang cukup mengkhawatirkan.

Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, ada baiknya Anda mengetahui beberapa teknik sederhana berikut ini yang bisa Anda lakukan di tengah padatnya aktivitas kerja.

1. Angkat Bokong dari Kursi

Teknik yang satu ini bisa Anda lakukan sambil duduk di kursi kerja. Caranya, pertama-tama Anda harus pada posisi duduk tegak dengan kedua kaki menempel pada lantai. Kemudian, angkat sedikit kaki sampai bokong tidak tersentuh kursi, tapi jangan terlalu tinggi, beri jarak antara bokong dan kursi sekitar 5 cm saja. Tahan sampai 15 detik lalu duduk kembali.

2. Memutar Tangan

Untuk latihan yang satu ini, Anda harus berdiri dan membutuhkan tempat yang sedikit luas. Sebab, latihannya dilakukan dengan merentangkan tangan dan memutarnya bersamaan. Latihan ini dipercaya bisa membuat lengan yang kaku menjadi lebih regang dan rileks. Seperti diketahui, tangan memang sangat berpotensi mengalami pegal saat kerja, apalagi berurusan dengan komputer.

3. Menengadahkan Kepala

Cara ini cukup ampuh dalam mengatasi kelelahan saat bekerja. Adapun manfaatnya bisa membuat leher, mata, dan kepala menjadi rileks. Lakukan gerakan ini ketika kepala sudah terasa berat. Jangan lama-lama, cukup 30 detik sampai 1 menit saja. Hal ini bertujuan agar suplai darah di kepala merata.

4. Jalan Santai

Jangan duduk terus, sesekali Anda harus berdiri dan berjalan untuk melancarkan peredaran darah. Jika Anda merasakan pegal pada pinggul, maka itu adalah isyarat bahwa Anda butuh berdiri. Lakukanlah gerakan ringan, seperti berjalan ke meja teman ataupun ke kamar kecil. Lebih baik lagi, Anda berjalan ke luar ruangan kerja dengan naik turun tangga.