Jangan Salah, Inilah Perbedaan Gemuk Lemak dan Gemuk Air

DokterSehat.Com– Setiap orang yang gemuk selalu dihubungkan dengan kelebihan lemak di dalam tubuh. Banyak yang masih percaya, bahwa gemuk hanya bisa didapatkan ketika seseorang mengonsumsi lemak terlalu banyak. Sehingga, terjadi anggapan bahwa penyebab utama badan gemuk adalah karena lemak yang bisa disebabkan oleh makanan.

Padahal, tubuh gemuk tak hanya karena lemak saja. Tahukah Anda bahwa ternyata gemuk juga bisa disebabkan oleh air? Informasi ini tengah ramai dibincangkan oleh netizen. Mereka memperdebatkan tentang tubuh seseorang yang gemuk karena lemak dan gemuk karena air.

Kedua hal tersebut memang beda, jadi Anda harus tahu sebenarnya tubuh Anda bisa gemuk dikarenakan lemak atau air. Secara garis besar, bisa dikatakan kalau gemuk lemak adalah terjadi penumpukan lemak di dalam tubuh yang membuat tubuh menjadi melar dan membesar.

Sedangkan gemuk air merupakan sebuah kondisi tubuh yang terlalu banyak cairan di dalamnya sehingga membuat kulit dan daging mengembang karena menampung terlalu banyak air. Jadi, ketika Anda mengetahui apa penyebab tubuh menjadi gemuk, maka Anda bisa melakukan tindakan yang tepat.

Misalnya, Anda ingin segera kurus akibat gemuk lemak, maka Anda harus banyak berolahraga dan menjaga pola makan untuk segera meluruhkan lemak yang menumpuk dalam tubuh. Begitu pula jika badan Anda gemuk dikarenakan air, maka Anda harus membatasi asupan cairan yang berlebih. Usahakan untuk melakukan aktivitas dan latihan yang menguras keringat serta membentuk massa otot agar penggemukan segera berakhir.

Sebenarnya tidak ada cara khusus untuk menilai apakah tubuh gemuk karena air atau karena lemak. Namun, ada beberapa tanda-tanda yang bisa menggambarkannya. Misal berat badan, biasanya orang yang gemuk akibat lemak, dia memiliki berat badan yang tinggi. Sedangkan orang gemuk akibat air, maka berat badannya akan lebih ringan dan terkesan tak masuk akal.