Obat Gemfibrozil – Manfaat dan Efek Samping

Obat Gemfibrozil-doktersehat

Apakah Anda pernah mengenal penderita kolesterol tinggi? Ataukah justru kadar kolesterol dalam tubuh Anda yang tinggi sehingga Anda menjadi risau? Jika pernah mengalami atau bertemu dengan seseorang yang menderita gejala kolesterol tinggi, barangkali Anda tidak akan asing dengan salah satu jenis obat penurun kolesterol dalam tubuh yang disebut Gemfibrozil. Gemfibrozil obat apa? Obat Gemfibrozil adalah obat untuk mengurangi kadar kolesterol atau asam lemak dalam tubuh.

Jika pasien memiliki kolesterol yang tinggi, dokter bisa saja menganjurkan untuk mengkonsumsi obat Gemfibrozil. Gejala kolesterol yang tinggi biasanya menjangkit orang dewasa tingkat lanjut atau manula. Terapi yang diberikan untuk pasien dengan kolesterol tinggi merupakan kombinasi dari perubahan gaya hidup dan pola makan yang sehat. Selain didukung oleh gaya hidup dan pola makan yang sehat, penderita penyakit ini harus mengkonsumsi salah satu jenis obat penurun kadar kolesterol untuk mengontrol tingginya kadar kolestrol dalam darah agar selalu stabil. Salah satu obat kolesterol tinggi yang kerap disarankan dokter adalah obat Gemfibrozil.

Nama: Gemfibrozil
Nama dagang: Lopid

Setelah mengetahui Gemfibrozil obat apa, Anda juga harus mengetahui manfaat, fungsi dan komposisi Gemfibrozil obat apa. Mengapa? Supaya Anda lebih cermat dalam menggunakan obat penurun kolesterol yang satu ini. Informasi di halaman ini tentang obat Gemfibrozil akan memberitahu Anda.

Fungsi Gemfibrozil & Manfaat Gemfibrozil

Fungsi Gemfibrozil adalah membantu mengurangi kolesterol dan trigliserida (asam lemak) dalam darah. Tingkat tinggi dari jenis lemak dalam darah ini dikaitkan dengan peningkatan risiko aterosklerosis (arteri yang tersumbat).

Manfaat Gemfibrozil adalah dapat digunakan untuk mengobati kadar kolesterol dan trigliserida yang sangat tinggi pada orang dengan pankreatitis, menanggapi intervensi diet, dan mengurangi risiko penyakit jantung koroner. Obat Gemfibrozil adalah obat yang juga digunakan untuk menurunkan risiko stroke, serangan jantung, atau komplikasi jantung lainnya pada orang dengan kolesterol tinggi dan trigliserida yang belum dibantu dengan metode pengobatan lain. Sedangkan komposisi Gemfibrozil adalah Gemfibrozil.

Penggunaan obat penurun kolesterol ini hanya bisa Anda dapatkan lewat resep dari dokter. Setelah Anda berkonsultasi dengan dokter, Anda akan diberikan dosis Gemfibrozil yang sesuai.

Perhatian, untuk penggunaan jenis obat Gemfibrozil pada ibu hamil dan menyusui harus dilakukan secara hati-hati. Jika Anda ingin mengkonsumsi obat penurun kolesterol seperti obat Gemfibrozil dalam kondisi kehamilan atau menyusui, diharapkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter Anda.

Obat penurun kolesterol ini juga dapat digunakan untuk tujuan yang tidak tercantum dalam panduan pengobatan ini. Diharapkan untuk selalu berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum berniat untuk menggunakannya.

Setelah Anda mengetahui manfaat Gemfibrozil, fungsi Gemfibrozil, dan komposisi Gemfibrozil obat apa, Anda dapat menyimak informasi lebih lanjut yang ada di halaman ini mengenai efek samping dari obat tersebut.

Mengetahui efek samping dari suatu obat sangatlah penting untuk dicari tahu. Jika Anda sudah mengetahui berbagai jenis efek samping dari obat, Anda akan berhati-hati dan memilih dengan baik obat mana yang harus dikonsumsi.

Lalu sudahkah Anda mengetahui efek samping yang mungkin terjadi dari penggunaan obat Gemfibrozil? Jika Anda belum mengetahuinya, mari simak informasi lebih lanjut mengenai obat Gemfibrozil di bawah ini.

Apa efek samping gemfibrozil (lopid) yang mungkin?

Segera cari bantuan medis darurat jika Anda memiliki tanda-tanda reaksi alergi ini: gatal-gatal, sulit bernafas, pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Hubungi dokter jika Anda memiliki efek samping yang serius seperti:

  • Rasa sakit yang tajam di perut bagian atas (terutama setelah makan)
  • Sakit kuning (menguningnya kulit atau mata Anda)
  • Penglihatan kabur, sakit mata, atau melihat lingkaran cahaya di sekitar lampu
  • Sakit atau terbakar saat Anda buang air kecil
  • Nyeri otot yang tidak dapat dijelaskan, nyeri tekan, atau kelemahan terutama jika Anda juga menderita demam, kelelahan yang tidak biasa, dan urin berwarna gelap
  • Kulit pucat, mudah memar, pendarahan yang tidak biasa, merasa pusing atau sesak napas, denyut jantung cepat, sulit berkonsentrasi, bintik-bintik tajam atau merah di bawah kulit Anda

Efek samping yang kurang serius bisa meliputi:

gemfibrozil600mg
Photo Credit: Cerner Multum
  • Sakit perut
  • Sakit perut ringan, mual, muntah, dan diare
  • Sakit kepala, pusing, dan kantuk
  • Nyeri sendi atau otot ringan
  • Kehilangan minat pada seks, impotensi, dan sulit orgasme
  • Mati rasa atau kesemutan
  • Gejala flu seperti hidung tersumbat, bersin, dan sakit tenggorokan

Ini bukan daftar lengkap efek samping dan lainnya mungkin terjadi. Hubungi dokter Anda untuk mendapatkan saran medis tentang efek samping, atau Anda bisa mendatangi rumah sakit untuk dapat ditindak lanjuti lebih serius jika efek samping yang diderita cukup berat.

Jika Anda masih penasaran dengan informasi lebih lanjut tentang obat Gemfibrozil, Anda bisa lanjut membaca di halaman selanjutnya.

Obat Gemfibrozil – Halaman Selanjutnya :   1   2   3   4