Gemetaran dan Keringat Dingin? Waspadai Kondisi Ini

sakit-perut-masuk-angin-doktersehat

DokterSehat.Com– Tubuh gemetaran, muncul keringat dingin, badan yang lemas, hingga adanya sensasi seperti ingin jatuh pingsan biasanya adalah gejala dari tubuh yang sedang lapar. Hanya saja, menurut pakar kesehatan, ada baiknya kita tidak boleh menyepelekannya karena bisa jadi penyebabnya adalah hipoglikemia.

Pakar kesehatan dr. Sugito Wonodirekso dari Persatuan Dokter Keluarga Indonesia menyebut hipoglikemia sebagai kondisi dimana tubuh mengalami penurunan kadar gula darah dengan drastis. Selain mengonsumsi makanan, kita juga bisa mengatasinya dengan makan gula pasir sebagai pertolongan pertama.

Meskipun sering dikenal sebagai penyebab diabetes jika dikonsumsi dengan berlebihan, dalam realitanya gula pasir masih dibutuhkan oleh tubuh sebagai pertolongan pertama untuk mengatasi hipoglikemia. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan sukrosa dan fruktosa yang bisa diserap oleh tubuh dengan cepat sehingga kadar gula darah pun bisa segera naik ke angka normal. Selain gula, kita juga bisa mengonsumsi madu. Hanya saja, madu tidak bisa secepat gula pasir dalam menaikkan kadar gula darah.

Menurut pakar kesehatan, hipoglikemia terjadi akibat kadar gula darah yang terlalu rendah. Seringkali, kondisi ini terjadi pada penderita diabetes yang mulai menjalani terapi untuk mengatasi masalah kesehatannya. Hanya saja, kondisi ini juga bisa terjadi pada mereka yang berada dalam kondisi kesehatan yang normal.

Meski terlihat sepele, hipoglikemia bisa saja membuat pengidapnya menjadi kehilangan kesadaran. Karena alasan inilah jika kita mengalami gejala seperti lapar atau badan gemetaran, ada baiknya segera mencari cara agar bisa mengembalikan kadar gula darah menjadi normal kembali, tepatnya di angka 70-110 mg/dL.

Ada banyak sekali penyebab hipoglikemia selain tubuh yang lapar dan tidak mendapatkan pasokan energi yang cukup. Konsumsi obat-obatan seperti obat anti malaria, mengonsumsi minuman beralkohol dengan berlebihan, gangguan hati, hepatitis, gagal ginjal, anoreksia nervosa, gangguan produksi insulin berlebihan, gangguan hormon, hingga gangguan pada lambung bisa menyebabkan kondisi ini.

Gejala dari hipoglikemia selain lapar, tubuh gemetaran, dan keringat dingin yang patut untuk kita waspadai adalah tubuh yang lemas, pucat, pandangan kabur, dan mulai cemas. Jika setelah makan atau mengonsumsi gula pasir kondisi ini belum mereda, ada baiknya kita memeriksakan kondisi ini ke dokter untuk mengatasinya.