Terbit: 7 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Jerawat merupakan salah satu masalah kulit paling umum yang dapat menyerang siapa saja. Tidak hanya disebabkan oleh kulit yang kotor saja. Jerawat juga dapat disebabkan oleh sejumlah faktor lain. Misalnya saja hormon dalam tubuh yang tidak stabil hingga reaksi alergi terhadap kandungan bahan tertentu. Selain menggunakan obat-obatan khusus untuk jerawat, Anda juga dapat menjajal sejumlah gel dari bahan-bahan alami untuk meredakan sekaligus mempercepat proses penyembuhan kulit. Apa saja gel-gel berbahan alami tersebut?

Gel Alami yang Usir Tuntas Jerawat Membandel

1. Lidah Buaya

Gel lidah buaya merupakan gel yang paling banyak dan paling sering direkomendasikan untuk mengatasi masalah jerawat. Dilansir dari laman Healthline, gel lidah buaya tidak hanya mengandung bahan antibakteri yang ampuh membunuh bakteri penyebab jerawat. Namun, juga mampu meredakan jerawat yang tengah meradang karena senasinya yang terasa dingin saat diaplikasikan pada kulit.

2. Madu

Bahan alami satu ini merupakan bahan yang sangat multifungsi. Apalagi kandungan bahan aktif di dalamnya sangatlah beragam. Anda dapat menggunakan madu yang teskturnya tidak terlalu cair untuk mengatasi masalah jerawat. Tidak hanya melembapkan sel kulit secara optimal, madu juga membunuh bakteri jahat pada kulit secara menyeluruh. Penggunaan madu pun dijamin keamanannya untuk semua jenis kulit.

3. Witch Hazel

Anda juga dapat menjatuhkan pilihan pada pasta atau gel yang terbuat dari witch hazel. Witch hazel sendiri merupakan salah satu tanaman asli daratan Amerika Utara yang juga dikenal sebagai tanaman anti acne. Dilansir dari laman Healthline, witch hazel mengandung tannin yang berfungsi sebagai bahan anti bakteri. Tidak hanya itu saja, witch hazel juga dapat meredakan peradangan yang disebabkan oleh jerawat.

Gel-gel berbahan alami seperti di atas sangat mudah untuk didapatkan. Selain itu, menggunakan bahan-bahan alami jauh lebih aman dibandingkan dengan produk berbahan kimia yang belum tentu cocok dengan kondisi kulit. Namun agar hasilnya terlihat memuaskan, Anda harus rutin menggunakannya.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi