Terbit: 3 Maret 2020
Ditulis oleh: Rhandy Verizarie | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo

Virus Corona (COVID-19) ditandai oleh sejumlah gejala. Ketahui apa saja yang menjadi ciri atau gejala COVID-19 yang hingga hari ini telah memakan banyak korban jiwa tersebut!

3 Gejala Virus Corona (COVID-19) yang Harus Diwaspadai!

Apa Itu Virus Corona (COVID-19)?

Dilansir dari situs resmi Infeksi Emerging Kementerian Kesehatan RI, virus Corona COVID-19 adalah virus dari keluarga Corona yang sebelumnya belum pernah teridentifikasi.

Sama seperti jenis virus Corona lainnya seperti virus SARS dan MERS yang juga sempat menggemparkan dunia beberapa tahun silam, virus COVID-19 ini juga diidentifikasi berasal dari hewan yang kemudian ditularkan ke manusia ketika terjadi kontak langsung.

Ciri dan Gejala Virus Corona (COVID-19)

Ciri-ciri atau gejala virus Corona COVID-19 sekilas tampak seperti gejala flu pada umumnya. Kendati demikian, kedua infeksi tersebut jelaslah berbeda baik dari gejala lain yang menyertai hingga dampak atau komplikasi yang ditimbulkan.

Berikut ini adalah gejala virus COVID-19 yang perlu Anda ketahui dan waspadai.

1. Demam

Ciri-ciri atau gejala virus Corona yang pertama adalah demam. Gejala yang satu ini sejatinya juga merupakan gejala yang umum terjadi ketika seseorang mengalami flu biasa (common cold).

Akan tetapi, Anda harus waspada apabila demam sudah berlangsung dalam waktu yang cukup lama dan intensitasnya—dalam hal ini suhu tubuh—mengalami peningkatan dari hari ke hari.

2. Batuk

Ciri-ciri infeksi virus Corona selanjutnya adalah batuk.

Sama seperti gejala sebelumnya yakni demam, batuk yang kemungkinan menjadi pertanda seseorang terinfeksi virus Corona biasanya akan diawali dengan batuk ringan yang kemudian akan semakin bertambah intensitas dan tingkat keparahannya dari hari ke hari.

Anda sangat disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter apabila mengalami gejala batuk namun tak kunjung sembuh setelah beberapa lama kendati sudah mengonsumsi obat batuk biasa.

3. Sesak Napas

Virus Corona COVID-19 pada intinya menyerang saluran pernapasan. Hal ini yang lantas menimbulkan gejala berupa sesak napas dan napas terasa pendek.

Jika tidak segera ditangani, bukan tidak mungkin seseorang yang terkena infeksi virus tersebut akan mengalami pneumonia. Pneumonia adalah penyakit radang paru-paru yang disebabkan oleh adanya infeksi.

Selain itu, beberapa gejala juga ditengarai menjadi ciri-ciri virus Corona COVID-19 yaitu:

  • Nyeri sendi
  • Nyeri otot
  • Sakit kepala
  • Sakit tenggorokan
  • Mual
  • Muntah

Selain jarang terjadi, belum dapat dipastikan juga apakah gejala-gejala tersebut memang benar mengindikasikan seseorang terjangkit virus Corona ini. Penelitian masih terus dilakukan hingga saat ini oleh para peneliti demi mengidentifikasi semua kemungkinan.

Perlu diketahui juga bahwasanya seseorang yang terinfeksi COVID-19 mungkin tidak akan merasakan gejala apapun pada awalnya. Pasalnya, masa inkubasi virus ini berlangsung selama 2 hari sampai 2 minggu sejak infeksi pertama kali terjadi.

Baca Juga: Virus Corona: Definisi, Gejala, Pengobatan, Pencegahan

Informasi Penting Mengenai Virus Corona (COVID-19)

Setelah mengetahui gejala virus COVID-19, berikut ada beberapa informasi penting yang juga harus Anda ketahui terkait dengan wabah global ini!

1. Apa Itu Virus Corona (COVID-19)?

Virus Corona (COVID-19) adalah virus dari keluarga Corona yang menginfeksi saluran pernapasan. Virus ini pertama kali ditemukan di pasar hewan yang terletak di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Cina. COVID-19 tidak sama dengan jenis virus lainnya—seperti rhinovirus—kendati infeksi yang dilakukan kedua virus tersebut menghasilkan gejala yang tampak sama.

2. Apa Saja Gejala Virus Corona (COVID-19)?

Gejala virus ini adalah sebagai berikut:

  • Demam
  • Batuk
  • Sesak napas

Mungkin ada beberapa ciri lainnya yang muncul ketika seseorang terinfeksi virus Corona COVID-19, akan tetapi hal ini belum dapat dipastikan dan masih diteliti lebih lanjut.

3. Bagaimana Cara Virus Corona (COVID-19) Menyebar?

Virus Corona COVID-19 awalnya berasal dari hewan yang lantas menyebar ke manusia akibat adanya kontak fisik secara langsung antara manusia dengan hewan yang terinfeksi tersebut. Saat ini, virus sudah menyebar antar-manusia melalui droplet (batuk, bersin). Partikel virus yang ikut terbawa bersama percikan cairan saat batuk dan bersin lantas dapat masuk ke dalam paru-paru melalui hidung atau mulut.

4. Apakah Orang Sehat Bisa Menyebarkan Virus Corona (COVID-19)?

Seseorang yang terinfeksi virus Corona mungkin akan tampak sehat pada awalnya. Pasalnya, masa inkubasi virus ini berlangsung selama 2 hari sampai 2 minggu. Dengan demikian, orang yang ‘sehat’ tersebut bisa menularkan virus ini kepada orang lain karena sebenarnya ia juga sudah terjangkit, hanya gejalanya saja yang belum terdeteksi.

5. Apa Saja Tes yang Dilakukan untuk Mendeteksi Virus Corona (COVID-19)?

Dalam mendeteksi virus Corona COVID-19, dokter akan melakukan prosedur diagnosis yang juga umum dilakukan ketika hendak mendiagnosis jenis flu biasa yakni dengan mengambil sampel darah, air liur, dan jaringan tubuh untuk selanjutnya dianalisis lebih jauh di laboratorium.

6. Apa Saja Komplikasi Virus Corona (COVID-19)?

Jika tidak segera ditangani, virus Corona dapat menimbulkan komplikasi berupa:

  • Sindrom pernapasan akut
  • Gangguan irama jantung (aritmia)
  • Syok kardiovaskular
  • Nyeri otot parah
  • Kelelahan
  • Serangan jantung

7. Apakah Masker Efektif Mencegah Virus Corona (COVID-19)?

Menurut WHO, masker hanya digunakan apabila Anda sedang sakit atau sehat tetapi sedang merawat orang yang sedang sakit. Selain itu, penggunaan masker juga baru akan efektif apabila diiringi dengan rajin mencuci tangan dengan sabun atau cairan antiseptik.

8. Bagaimana Cara Melindungi Diri dari Virus Corona (COVID-19)?

Cara melindungi diri dari virus Corona adalah sebagai berikut:

  • Cuci tangan dengan sabun atau cairan antiseptik selama minimal 20 detik.
  • Jangan menyentuh area wajah apabila tangan belum dibersihkan.
  • Jika mengalami batuk atau bersin, tutup dengan tisu atau siku bagian dalam.
  • Perbanyak konsumsi vitamin C untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Gunakan masker saat beraktivitas (apabila sedang sakit).
  • Hindari kontak langsung dengan orang yang sedang sakit.

 

hotline-corona-indonesia-doktersehat

  1. CDC. 2020. Coronavirus Disease 2019 (COVID-19): Symptoms. https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/about/symptoms.html (Diakses pada 3 Maret 2020)
  2. CDC. 2020. Coronavirus Disease 2019 (COVID-19): Frequently Ask Questions and Answers. https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/faq.html (Diakses pada 3 Maret 2020)
  3. CDC. 2020. Coronavirus Disease 2019 (COVID-19): Prevention and Treatment. https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/about/prevention-treatment.html (Diakses pada 3 Maret 2020)
  4. Jewell, T. 2020. Everything You Should Know About 2019 Coronavirus (COVID-19). https://www.healthline.com/health/coronavirus-covid-19 (Diakses pada 3 Maret 2020)
  5. Kemenkes RI. 2020. Tanya Jawab Novel Coronavirus (2019-nCoV). http://infeksiemerging.kemkes.go.id/situasi-infeksi-emerging/info-corona-virus/tanya-jawab-novel-coronavirus-2019-ncov-faq-update-4-februari-2020/#Apakah_Novel_Coronavirus_2019-nCoV (Diakses pada 3 Maret 2020)
  6. WHO. 2020. Coronavirus disease (COVID-19) advice for the public: When and how to use masks
    https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019/advice-for-public/when-and-how-to-use-masks (Diakses pada 3 Maret 2020)
  7. Yulisman, L. 2020. Mother and daughter test positive for coronavirus in Indonesia, first confirmed cases in the country. https://www.straitstimes.com/asia/se-asia/indonesia-confirms-two-coronavirus-cases-president (Diakses pada 3 Maret 2020)


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi