Terbit: 2 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Merawat bayi di beberapa bulan pertama kelahirannya merupakan tantangan tersendiri. Pasalnya, bayi belum bisa bicara dengan jelas dan mengungkapkan keluhan yang ia rasakan. Jika bayi memiliki tanda-tanda berikut, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Jangan Abaikan Gejala Serius Ini pada Bayi

Kondisi serius pada bayi yang perlu diwaspadai

Menjaga kesehatan si kecil tentu menjadi prioritas utama bagi orang tua. Terkadang ada beberapa gangguan kesehatan si kecil yang mungkin diabaikan oleh orang tua.

Memang, tidak semua gangguan kesehatan tersebut merupakan gangguan yang serius. Tetapi ada juga beberapa kondisi kesehatan yang terkesan sepele namun sebenarnya berpotensi bahaya bagi bayi seperti berikut ini:

1. Pertumbuhan tahi lalat

Jika Anda mendapati ada bercak di kulit bayi seperti tahi lalat namun bercak tersebut semakin lama semakin membesar, maka sebaiknya segera periksakan kondisi tersebut ke dokter. Munculnya bercak-bercak di kulit dapat menjadi gejala gangguan kulit yang serius.

2. Bayi mengalami mood swing

Pernahkah Anda mengamati apakah sikap si kecil mudah berubah? Terkadang ia menjadi anak yang lucu dan menggemaskan namun seketika ia menangis tiba-tiba? Apakah nafsu makannya berkurang dan siklus tidurnya berubah?

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

Umumnya gejala tersebut adalah tanda-tanda bahwa si kecil mengalami depresi. Jika kondisi ini sering terjadi dan dalam waktu lama, maka sebaiknya Anda segera memeriksakan ke dokter anak atau psikiater anak.

3. Ukuran lingkar kepala yang semakin membesar

Setiap bayi pasti memiliki fontanel (ubun-ubun) di bagian kepalanya. Fontanel adalah bagian tulang lunak di antara pelat tengkorak kepala. Pada bayi baru lahir, fontanel masih lunak dan tampak berdenyut. Terkadang jika bayi bersin atau batuk, ukuran fontanel akan semakin menggembung dan hal ini adalah hal yang normal.

Yang perlu Anda waspadai adalah jika fontanel tidak mengeras dalam beberapa bulan dan lingkar kepala bayi tampak semakin membesar, maka sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter anak.

4. Pendengaran berkurang

Pendengaran bayi memang masih terus berkembang hingga ia berusia 6 bulan. Namun jika dalam perkembangannya ia menunjukkan sikap tidak merespon suara atau panggilan Anda, maka sebaiknya Anda segera memeriksakan si kecil ke dokter.

5. Mendengkur

Beberapa bayi memang kadang mendengkur ringan dan hal ini termasuk wajar. Tetapi jika bayi mulai mendengkur dengan keras, hal ini bisa berarti ia mengalami gangguan pernapasan serius. Untuk memastikannya, sebaiknya periksakan ia ke dokter.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi