Selain Pusing, Inilah 3 Gejala yang Ditimbulkan Saat Anemia

doktersehat anemia

DokterSehat.Com– Anemia adalah sebuah kondisi di mana seseorang sedang kekurangan sel darah merah. Sel darah merah tersebut berfungsi sebagai pengikat oksigen yang dibantu dengan hemoglobin. Jika tubuh kekurangan sel darah merah, maka akan banyak organ yang kekurangan oksigen sehingga tidak bisa berfungsi dengan baik.

Pola hidup yang tidak sehat dapat memicu anemia, salah satunya adalah kebiasaan begadang. Ketika anemia mulai menyerang tubuh, maka akan banyak gejala yang ditimbulkan dan tentunya dapat membuat aktivitas terganggu. Salah satu gejala yang umum terjadi adalah pusing. Akan tetapi, masih banyak gejala lain dari anemia yang tanpa Anda sadari, misalnya:

1. Mudah Lelah

Jika biasanya Anda melakukan banyak aktivitas tanpa merasa lelah, namun Anda tiba-tiba merasa lelah padahal aktivitas yang Anda lakukan lebih sedikit dari biasanya, maka kemungkinan besar Anda sedang mengalami anemia. Menurut salah seorang Profesor Ilmu Kedokteran di Universitas Chicago, kelelahan disebabkan tidak cukupnya zat besi atau vitamin B12 sehingga asupan oksigen untuk bahan bakar yang diperlukan oleh tubuh berkurang. Hal itulah yang membuat Anda mudah lelah.

2. Dada Terasa Sakit

Sakit atau nyeri pada dada umumnya dikaitkan dengan gejala penyakit serangan jantung. Namun, sakit pada dada juga bisa menjadi salah satu gejala dari anemia. Hal ini dikarenakan sel darah merah sehat yang akan diedarkan hanya berjumlah sedikit sehingga membuat jantung bekerja lebih keras untuk mengedarkannya ke seluruh tubuh. Akibatnya, jantung berdetak lebih cepat dan Anda akan merasakan nyeri atau sakit pada bagian dada.

3. Kulit Terlihat Pucat

Salah satu gejala yang umum ditimbulkan oleh anemia selain pusing adalah kulit terlihat pucat. Hal ini dikarenakan Anda tidak memiliki sel darah merah yang sehat untuk memberikan oksigen pada organ tubuh sehingga menyebabkan kulit Anda terlihat tidak sehat. Kulit terlihat pucat juga disebabkan oleh tidak adanya zat besi dan sel darah merah yang diedarkan ke kulit.