Sesak Napas, Gejala Penyakit Jantung yang Kerap Dialami Gogon Sebelum Meninggal

doktersehat_gogon
Photo Source: KapanLagi

DokterSehat.Com– Pelawak senior Gogon atau Margono yang dikenal luas sebagai anggota grup Srimulat dikabarkan meninggal dunia hari Ini, Selasa, 15 Mei 2018 sekitar pukul 05.15 WIB. Gogon meninggal saat sedang dalam perjalanan ke rumah sakit.

Ari, anak dari pelawak yang dikenal dengan potongan rambut dan kumisnya yang sangat khas ini menyebut penyebab meninggalnya sang ayah adalah adanya penyumbatan pada jantung. Masalah kesehatan ini ternyata sudah lama diidap oleh pria berusia 58 tahun ini.

Dilansir dari foto yang diunggah oleh akun Twitter @Srimulatism, almarhum Gogon direncanakan akan dimakamkan Rabu (16/5) besok pukul 11.00. Kini, jenazah almarhum juga sedang dipulangkan dari Lampung ke Dukuh Bukur Ireng, Desa Bendan, Kecamatan Banyudono, Boyolali, Jawa Tengah.

Salah satu rekan komedian Gogon, Doyok, menyebut kabar kematian rekannya sangat mengejutkan. Bagaimana tidak, Gogon dan Doyok masih sempat tampil bersama di atas panggung pada Senin (14/5) sore.

Putri Gogon, Nova, menyebutkan bahwa ayahnya kerap mengeluhkan sesak napas sebelumnya, khususnya kepada istrinya.

“Ke ibu saya sering mengeluh sesak napas dan sering pingsan sejak lama. Bapak juga berkata kalau daripada diberi penyakit seperti ini lebih baik diambil (meninggal) sekalian,” ucap Nova.

Menurut pakar kesehatan, sesak napas ternyata memang termasuk dalam gejala dari penyakit jantung. Dalam dunia medis, gejala dari penyakit jantung bisa berupa angina atau aritmia. Sebagai informasi, angina adalah rasa nyeri atau tekanan hebat pada dada, sementara itu, aritmia adalah ketidaknormalan denyut jantung.

Kedua gejala penyakit jantung ini disebabkan oleh berkurangnya pasokan darah yang membawa oksigen menuju otot jantung. Hal inilah yang memicu gejala lainnya seperti sesak napas, keringat dingin, mual-mual, pusing, dan rasa lelah berkepanjangan.