Terbit: 13 Juli 2021 | Diperbarui: 14 Juli 2021
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Gejala Parkinson yang dialami setiap orang bisa berbeda-beda. Tanda awal penyakit ini sering kali tidak disadari karena memiliki gejala yang ringan. Namun, gejala sering dimulai di satu sisi tubuh dan biasanya sisi tersebut mengalami gangguan lebih tinggi dibanding bagian tubuh yang lain, bahkan setelah penyakit ini memengaruhi kedua sisi.

15 Gejala Parkinson di Usia Muda yang Mudah Dikenali

Gejala Parkinson yang Bisa Anda Kenali

Gejala penyakit Parkinson biasanya berkembang secara bertahap dan ringan pada awalnya. Namun, setiap orang memiliki urutan perkembangan dan tingkat keparahan yang berbeda-beda. Berikut adalah beberapa gejala Parkinson di usia muda atau usia tua yang harus Anda waspadai, di antaranya:

1. Tremor

Tremor atau gerakan pada anggota tubuh yang tidak terkontrol biasanya dimulai pada tangan atau jari. Anda mungkin menggosok ibu jari dan telunjuk maju mundur atau dikenal dengan sebutan pill-rolling tremor. Selain itu, tangan Anda mungkin gemetar saat istirahat.

2. Pergerakan Melambat

Keadaan yang dalam dunia medis disebut bradikinesia ini dapat memperlambat gerakan tubuh. Hal ini membuat tugas-tugas sederhana menjadi sulit dan memakan waktu lebih lama. Misalnya, langkah Anda mungkin menjadi lebih pendek saat berjalan atau kesulitan untuk bangkit dari kursi.

3. Otot Kaku

Gejala Parkinson berikutnya bisa terlihat dari otot yang kaku. Kekakuan otot dapat terjadi di bagian tubuh mana pun. Otot-otot yang kaku bisa menyakitkan dan membatasi rentang gerak

4. Gangguan Postur dan Keseimbangan

Postur tubuh Anda mungkin menjadi bungkuk atau Anda mungkin memiliki masalah keseimbangan akibat penyakit Parkinson.

5. Hilangnya Gerakan Otomatis

Anda mungkin mengalami penurunan kemampuan untuk melakukan gerakan tidak sadar, termasuk mengedipkan mata, tersenyum, atau mengayunkan tangan saat berjalan.

6. Kesulitan untuk Menulis

gejala awal Parkinson ini mungkin membuat Anda sulit untuk menulis dengan tangan. Aktivitas menulis menjadi lebih lambat, huruf menjadi lebih kecil dan kata-kata menjadi satu.

Baca Juga: Berbagai Obat Parkinson yang Membantu Meredakan Gejala

Gejala Awal Parkinson

Tanda-tanda awal penyakit Parkinson dapat dengan mudah terlewatkan, terutama jika terjadi secara tidak tentu. Berikut adalah beberapa gejala awal penyakit Parkinson, di antaranya:

1. Masalah Tidur

Masalah tidur di malam hari umum terjadi pada penderita Parkinson. Orang dengan penyakit ini lebih mungkin mengalami insomnia karena gejala tertentu yang dapat mengganggu tidurnya. Gangguan itu termasuk  tremor, kekakuan, nyeri, dan sindrom kaki gelisah. Saat waktu tidur malam terpengaruh, lelah dan mengantuk bisa terjadi di siang hari.

2. Perubahan Suara

Penyakit Parkinson memengaruhi gerakan dengan cara yang berbeda, termasuk cara Anda berbicara. Anda mungkin akrab dengan bicara cadel dari penderita Parkinson lanjut. Gejala parkinson ini juga bisa terlihat dari cara berbicara yang mungkin lebih monoton.

Suara Anda kemungkinan besar akan tetap jelas di tahap awal penyakit ini. Namun, Anda mungkin secara tidak sengaja berbicara lebih pelan. Orang-orang di tahap awal penyakit ini sering berbicara dengan nada rendah, suara serak, atau dengan sedikit infleksi.

3. Perubahan Ekspresi Wajah

Selain keterampilan motorik kasar, Parkinson dapat memengaruhi ekspresi wajah alami. Beberapa individu yang memiliki penyakit ini memiliki tatapan kosong. Fenomena ini sering juga disebut masking, tanda umum gejala awal Parkinson.

Penyakit ini dapat membuat gerakan dan kontrol otot-otot kecil di wajah menjadi sulit. Penderita mungkin memiliki ekspresi wajah yang sangat serius bahkan ketika percakapan ringan dan santai. Seseorang dengan keadaan ini juga lebih jarang berkedip.

4. Gangguan Indra Penciuman

Seseorang yang memiliki penyakit Parkinson mungkin indra penciumannya tidak sekuat dulu atau telang hilang. Misalnya, seseorang mungkin kesulitan mencium bau makanan favoritnya. Kehilangan penciuman kadang-kadang bisa dimulai bertahun-tahun sebelum gejala lain berkembang.

5. Masalah Sembelit dan Kandung Kemih

Jika Anda menderita Parkinson, Anda mungkin lebih mungkin memiliki masalah dengan kandung kemih atau pencernaan.

Tanda-tanda kandung kemih yang terlalu aktif seperti perlu menggunakan toilet segera tanpa peringatan, atau pergi ke toilet sepanjang malam adalah gejala kandung kemih yang paling umum pada penderita Parkinson.

Selain itu, apakah Anda kesulitan buang air besar tanpa mengejan setiap hari? Mengejan untuk buang air besar bisa menjadi tanda awal penyakit Parkinson. Beberapa obat, terutama yang digunakan untuk nyeri akan menyebabkan sembelit. Jika tidak ada alasan lain seperti diet atau obat-obatan yang menyebabkan sulit buang air besar, Anda harus konsultasi dengan dokter.

Baca Juga: 10 Cara Mencegah Parkinson yang Penting untuk Diketahui

6. Depresi

Anda mungkin mengalami depresi jika mengalami perasaan sedih yang ekstrem atau perasaan ‘kekosongan’ emosional untuk waktu yang lama. Ini lebih dari sekadar perasaan sedih, tidak bahagia, atau frustrasi sementara.

Dalam beberapa kasus, orang dengan Parkinson mungkin mengalami depresi berbulan-bulan sebelum mereka melihat gejala lain.

7. Kecemasan

Orang dengan Parkinson mungkin mengalami kecemasan, termasuk perasaan tidak nyaman, seperti khawatir atau takut, terutama pada tahap awal kondisi tersebut. Kekhawatiran apa pun yang dimiliki seseorang tentang hidup dengan kondisi jangka panjang dapat menyebabkan kecemasan.

Gejala umum kecemasan meliputi rasa takut,kesulitan berkonsentrasi, berkeringat, jantung berdebar, merasa sesak napas, pusing atau gemetar.

8. Kelelahan

Perasaan lelah yang tidak hilang meski sudah banyak beristirahat memengaruhi sebagian besar penderita Parkinson.

Anda mungkin merasa cukup bugar dan mampu melakukan hal tertentu, namun merasa terlalu lelah untuk melakukan banyak hal pada hari berikutnya. Jika Anda bekerja, misalnya, Anda mungkin merasa jauh lebih lelah di malam hari daripada biasanya, dan Anda mungkin tidak ingin melakukan hal lain.

Kelelahan pada Parkinson diduga disebabkan oleh perubahan kimia di otak. Ini mungkin juga terkait dengan gejala  dari penyakit ini seperti tremor, kekakuan, atau perasaan stres.

Kelelahan mental bisa menjadi gejala lain dari Parkinson. Beberapa orang mungkin sulit berkonsentrasi untuk waktu yang lama tanpa istirahat.

9. Pusing

Apakah Anda sering merasa pusing saat berdiri dari kursi? Hal ini bisa menjadi tanda tekanan darah rendah dan bisa dikaitkan dengan penyakit Parkinson. Setiap orang pasti pernah mengalami keadaan ini, namun jika hal itu terjadi secara rutin sebaiknya Anda perlu memeriksakan diri ke dokter.

paket obat isolasi mandiri doktersehat

 

  1. Anonim. Parkinson’s disease. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/parkinsons-disease/symptoms-causes/syc-20376055. (Diakses pada 13 Juli 2021).
  2. Anonim. 10 Early Signs of Parkinson’s Disease. https://www.parkinson.org/understanding-parkinsons/10-early-warning-sig. (Diakses pada 13 Juli 2021).
  3. Anonim. 10 early symptoms of Parkinson’s. https://www.parkinsons.org.uk/information-and-support/your-magazine/tips/10-early-symptoms-parkinsons. (Diakses pada 13 Juli 2021).
  4. Roth, Erica. 2020. Small Handwriting and Other Early Signs of Parkinson’s. https://www.healthline.com/health/parkinsons-warning-signs. (Diakses pada 13 Juli 2021).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi