Terbit: 19 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Salah satu penyakit yang dianggap sebagai pembunuh diam-diam adalah tekanan darah tinggi atau hipertensi. Bagaimana tidak, tanpa kita sadari, tekanan darah dalam tubuh naik dengan drastis dan akhirnya memicu datangnya berbagai penyakit berbahaya.

Gejala Masalah Tekanan Darah Tinggi Ini Kerap Kita Abaikan

Dilansir dari Women’s Health Mag, pakar kesehatan Paul Whelton, M.D., dari The American College of Cardiology menyebutkan bahwa ada baiknya kita mewaspadai berbagai gejala pada tubuh yang kerap tidak disadari sebagai tanda dari masalah tekanan darah tinggi seperti sebagai berikut.

  1. Kerap mengalami kabut otak dan sakit kepala

Banyak orang yang mengeluhkan sensasi mengalami kabut otak, kondisi dimana kita sudah membaca atau berkonsentrasi pada suatu hal namun tetap saja kesulitan untuk memahami apa yang kita baca atau menyelesaikan tugas tersebut. Menurut pakar kesehatan, jika hal ini kerap terjadi, maka ada kemungkinan besar tekanan darah dalam tubuh sangat tinggi.

Jika kondisi ini dibiarkan, dikhawatirkan kita akan mengalami sakit kepala dalam waktu lama dan menyakitkan atau bahkan hidung mimisan.

  1. Pandangan mata semakin memburuk

Tekanan darah tinggi ternyata memberikan pengaruh buruk bagi pembuluh darah pada mata. Karena aliran darah menuju mata terganggu, maka kita akan mengalami gangguan penglihatan dengan signifikan. Jika hal ini terjadi secara tiba-tiba, segeralah periksakan kondisi darah ke dokter.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

  1. Kerap pusing dan kesulitan menjaga keseimbangan tubuh

Banyak orang yang berpikir jika gejala pusing dan kesulitan menjaga keseimbangan tubuh sebagai tanda dari masalah tekanan darah rendah. Padahal, dalam realitanya hal ini juga bisa saja dipicu oleh tekanan darah tinggi.

Jika sensasi pusing atau kesulitan menjaga keseimbangan tubuh ini bisa segera menghilang, maka kita tidak perlu benar-benar mengkhawatirkannya. Namun, jika hal ini terus terjadi, ada baiknya kita memeriksakan kondisi kesehatan segera.

  1. Perut kembung

Sebagian wanita mengalami sensasi perut kembung dan penurunan jumlah urine yang keluar saat buang air kecil sebagai efek samping adri masalah tekanan darah tinggi. Jika gejala ini muncul sebagai sesuatu yang tidak normal, ada baiknya kita segera memeriksakan kondisi tekanan darah.

Mengingat penyakit ini sangat berbahaya, ada baiknya kita rutin memeriksakan tekanan darah agar bisa mengendalikannya ya?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi