Terbit: 30 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Salah satu tujuan dari menikah adalah untuk mendapatkan keturunan. Tak heran jika setelah menikah, banyak pasangan suami istri yang akan melakuan berbagai cara agar cepat hamil, mulai dari program kehamilan di dokter kandungan, hingga mengonsumsi makanan yang berfungsi dalam meningkatkan kesuburan.

Inilah Gejala Mandul yang Wajib Diketahui Sejak Dini

Akan tetapi, tidak semua pasangan suami istri bisa mendapatkan keturunan dengan mudah, bahkan di dalam kasus lain ada juga yang mengalami kemandulan, khususnya wanita. Seperti yang Anda tahu bahwa wanita yang mengalami kemandulan berarti tidak akan bisa hamil. Berikut adalah gejala mandul yang wajib Anda ketahui, diantaranya:

1. Nyeri Saat Menstruasi

Ketika menstruasi, gejala PMS seperti nyeri perut merupakan hal yang biasa terjadi dan hampir semua wanita mengalaminya. Namun, jika nyeri perut yang Anda rasakan sangat hebat, Anda juga perlu waspada. Sebab, bisa jadi nyeri tersebut menjadi pertanda bahwa Anda sedang dipengaruhi oleh penyakit pada organ kewanitaan. Umumnya, wanita yang mengalami hal ini menderita endometriosis yang mengakibatkan Anda tidak bisa hamil. Oleh sebab itu, segeralah konsultasikan ke dokter kandungan.

2. Berat Badan Tidak Seimbang

Tubuh gemuk bukan melulu berkaitan dengan penampilan. Banyak wanita yang takut gemuk hanya karna takut penampilan mereka akan terlihat jelek. Padahal, tubuh gemuk juga bisa mempengaruhi kesehatan, salah satunya adalah menyebabkan kemandulan. Pasalnya, berat badan tidak seimbang alias overweight dapat mempengaruhi produksi sel telur. Oleh karenanya, cobalah untuk selalu menjaga berat badan agar tetap seimbang.

3. Siklus Menstruasi yang Tidak Teratur

Normalnya, wanita memiliki siklus menstruasi antara 28 hingga 35 hari yang berarti tidak ada bulan yang akan terlewatkan. Akan tetapi, jika siklus menstruasi Anda tidak teratur, maka Anda harus waspada dan segera memeriksanya ke dokter kandungan. Hal ini dikarenakan pada saat menstruasi Anda sedang mengalami ovulasi yang artinya adalah sebuah proses pelepasan sel telur yang sudah matang dari rahim. Jika Anda tidak mengalami ovulasi maka sel telur tidak dapat diproduksi dan Anda akan sulit hamil bahkan bisa jadi Anda akan mengalami kemandulan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi