Terbit: 7 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kista atau ovarium merupakan sebuah penyakit yang ditandai dengan terjadinya pembesaran atau benjolan pada indung telur wanita. Benjolan itu sendiri berisi cairan atau materi lain yang bentuknya semi cair. Walau terbilang sebagai tumor jinak, tapi kista sendiri harus sangat diwaspadai karena tidak sedikit orang yang telah kehilangan nyawa akibat penyakit yang satu ini.

doktersehat gangguan perut saat puasa

Kista biasanya dialami oleh wanita yang pasca persalinan. Gejalanya pun tak terduga, tidak sedikit orang yang tak menyadari bahwa dia sedang mengidap kista. Sebab, kista bermula dari benjolan yang tak terdeteksi dan tanpa rasa nyeri sedikitpun. Secara bertahap, benjolan tersebut akan membesar dan tentunya akan lebih mengkhawatirkan bagi setiap yang menderitanya.

Untuk itu, kenalilah gejala kista sedari awal. Apa saja gejala kista yang tak terdeteksi tersebut? Berikut diantaranya:

  • Perut Sesak

Salah satu gejala kista yang samar adalah terjadinya rasa penuh pada perut sehingga seakan terasa sesak. Gejala ini memang sangat samar karena perut sesak juga bisa menandakan bahwa asam lambung sedang naik. Namun, ada perbedaan dari gejala tersebut. Jika kista, biasanya rasa sesak pada perut akan disertai sedikit nyeri pada perut bagian bawah.

  • Menstruasi Lebih Lama

Jika normalnya seorang wanita mengalami masa haid selama 3-9 hari, maka kista akan membuat masa tersebut akan menjadi lebih lama. Bahkan, ada yang menyebutkan bahwa gejala kista bisa membuat seorang wanita mengalami haid sampai 15 hari. Selain itu, darah yang dikeluarkan cukup banyak dan tak kunjung bersih.

  • Masalah Kesuburan

Jika Anda memiliki kista, maka secara tak langsung akan mengganggu kesuburan Anda. Hal itu terjadi akibat sel telur gagal dilepaskan oleh indung telur. Maka dari itu, jika sulit terjadi pembuahan, maka bisa dikarenakan oleh kista. Sebaiknya, Anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi