Terbit: 18 November 2019 | Diperbarui: 20 November 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Kanker payudara adalah satu dari 10 penyakit mematikan yang banyak merenggut nyawa wanita di Indonesia. Berdasarkan data dari Kemenkes RI tahun 2013 jumlah kematian wanita akibat kanker payudara 21,5 berbanding 100.000 penduduk. Jumlah ini cukup besar dan sedikit meresahkan wanita.

Gejala Kanker Payudara pada Pria

Oh ya, kanker payudara memang identik sebagai penyakit yang diidap oleh wanita. Namun, kanker yang berbahaya ini juga bisa terjadi pada pria.

Risiko kanker payudara pada pria
Pada dasarnya payudara pria dan wanita sama sebelum keduanya memasuki masa puber. Nah, saat puber tiba, payudara wanita akan berkembang menjadi lebih besar sementara payudara pria tetap kecil. Dengan kondisi ini, struktur dalam payudara pria dan wanita hampir sama meski jaringan pada pria lebih sedikit.

Kesamaan jaringan payudara inilah yang menyebabkan pria juga berisiko terkena kanker. Pria juga harus memperhatikan keadaan payudaranya dengan saksama. Kalau ada perbedaan seperti benjolan, harus segera diperiksakan agar tahu hal itu kanker atau masalah lainnya.

Gejala kanker payudara pada pria
Kanker payudara pada pria sangat berbahaya karena mudah menyebar ke organ lain. Berikut gejala kanker payudara pada pria selengkapnya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

  • Muncul cekungan atau kerutan pada kulit payudara.
  • Muncul benjolan di sudut tertentu dan akan terasa sakit saat disentuh atau ditekan. Benjolan bisa muncul di salah satu sisi payudara atau keduanya.
  • Puting akan terlihat kemerahan dan sedikit sensitif jika disentuh.
  • Pada kondisi tertentu, puting akan mengalami retraksi atau tertarik ke dalam.
  • Kalau sudah cukup parah, puting akan mengeluarkan cairan.

Gejala kanker payudara pada pria biasanya susah terlihat. Akibatnya, kanker baru diketahui saat sudah parah dan menyebar ke mana-mana. Saat Anda berusia 50 tahun atau ke atas, coba lakukan pemeriksaan pada bagian dada. Biasanya pria dengan usia tersebut rawan terkena kanker payudara yang sangat berbahaya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi