Terbit: 11 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Ada berbagai jenis penyakit yang berbahaya dan mematikan di dunia, salah satunya adalah kanker. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja tanpa memandang usia. Kanker bisa terjadi akibat beberapa faktor, seperti faktor gentik, pola hidup yang tidak sehat, dan lain sebagainya. Penyakit kanker sendiri juga memiliki ragam jenis, diantaranya kanker hati, kanker payudara, kanker rahim, kanker kulit, dan masih banyak lainnya. Namun, akhir-akhir ini kanker kulit sering diperbincangkan karena telah merenggut banyak nyawa.

4 Bagian Tubuh yang Menjadi Lokasi Kemunculan Kanker Kulit

Kanker kulit atau yang biasa disebut dengan kanker melanoma sebenarnya bisa dicegah dengan cara mendeteksinya sejak dini. Selain dengan rutin memeriksanya ke dokter, Anda juga bisa mendeteksi gejala kanker kulit dengan memperhatikan bagian tubuh yang mungkin sering diabaikan namun ternyata bisa menjadi lokasi munculnya kanker kulit.

1. Telinga

Organ tubuh yang berfungsi untuk mendengar ini ternyata juga bisa menjadi lokasi kanker kulit. Sebagian besar orang sering mengabaikan struktur melengkung pada telinga. Padahal, lokasi tersebut kemungkinan besar menjadi salah satu lokasi munculnya sel kanker kulit. Untuk itu, jagalah kebersihan telinga Anda agar terhindar dari risiko kanker kulit.

2. Di Bawah Kuku

Kuku merupakan salah satu bagian tubuh yang menjadi tanda munculnya suatu penyakit berbahaya, salah satunya adalah kanker kulit. Biasanya, jika tubuh terkena suatu penyakit, maka akan timbul bintik-bintik putih pada kuku. Untuk penyakit kanker kulit, Anda bisa melihat di bagian jari dan kuku, yang akan memiliki gejala kehitaman pada satu sisi kuku dan terlihat seperti bintik hitam. Jika jari dan kuku Anda mengalami kondisi tersebut, segeralah untuk periksa ke dokter.

3. Di Bawah Payudara

Jika terjadi suatu hal yang aneh pada payudara Anda, bisa jadi Anda terkena kanker payudara. Namun tidak hanya itu saja, perubahan payudara juga bisa terjadi akibat kanker kulit. Cobalah untuk mendeteksinya dengan cara mellihat payudara menggunakan cermin. Biasanya, kanker kulit memiliki tekstur seperti tahi lalat dan jerawat yang berwarna merah muda atau kulit yang memiliki tekstur bersisik.

4. t

Kelopak Mata

Kanker kulit bisa dideteksi pada bagian kelopak mata Anda. Jika Anda melihat benjolan yang tidak hilang di bagian kelopak mata, pembengkakan, serta mata merah yang tidak kunjung sembuh, maka sebaiknya Anda segera memeriksanya ke dokter. Sebab, hal tersebut merupakan sebuah gejala tubuh terkena kanker kulit.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi