Terbit: 3 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Salah satu penyakit yang paling ditakuti dan berbahaya di dunia adalah kanker. Kanker bisa mengintai siapa saja, baik pria maupun wanita, dewasa maupun anak-anak. Bahkan, tak sedikit dari mereka yang harus meregang nyawa akibat ganasnya penyakit kanker. Sel kanker tumbuh di dalam tubuh dikarenakan beberapa faktor, seperti adanya riwayat penyakit kanker dalam keluarga, makanan yang tidak sehat, serta pola hidup yang kurang sehat.

Waspada, Inilah 3 Jenis Gejala Kanker Empedu yang Perlu Anda Ketahui

Ada banyak jenis penyakit kanker yang bisa menyerang tubuh, diantaranya kanker payudara, kanker rahim, kanker kulit, kanker darah, dan masih banyak jenis kanker lainnya. Namun, baru-baru ini ada sebuah jenis kanker yang sedang ramai dibahas, yakni kanker empedu. Pasalnya, pertumbuhan kanker ini sangat tidak terduga.

Banyak orang yang tidak sadar jika tengah mengalami kanker empedu. Sebab, gejala-gejala yang ditimbulkan tak terlihat. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa gejala yang mengindikasikan kanker empedu:

1. Sakit Perut Terus Menerus

Mungkin Anda sering mengalami sakit perut, baik ketika sistem pencernaan tidak lancer maupun ketika sedang dalam masa menstruasi sehingga sakit perut yang datang seringkali dianggap wajar. Namun, ada jenis sakit perut yang harus Anda waspadai karena bisa mengindikasikan kanker empedu. Jika sakit perut yang Anda rasakan berada pada bagian perut kanan atas dan rasa sakit tersebut terjadi secara terus menerus, maka kemungkinan besar itu adalah gejala kanker empedu.

2. Perut Terasa Kembung

Perut kembung biasanya terjadi akibat masuk angin atau ketika Anda salah mengonsumsi makanan yang mengandung banyak gas. Ketika kembung, perut terasa membesar dan terasa tidak nyaman. Ternyata, perut kembung tidak hanya terjadi karena masuk angin saja, melainkan juga karena kanker empedu. Perut kembung secara berlebihan dan membuat ukuran perut semakin membesar, itu bisa jadi gejala kanker empedu. Sebaiknya Anda segera periksakan ke dokter.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

3. Kehilangan Berat Badan tanpa Diet

Kehilangan berat badan memang menjadi impian banyak wanita yang memiliki kelebihan berat badan. Namun, jika berat badan Anda tiba-tiba menurun tanpa melakukan diet ataupun olahraga, sebaiknya Anda harus waspada. Sebab, berat badan yang berkurang secara drastis tanpa melakukan diet atau olahraga bisa mengindikasikan bahwa Anda sedang menderita penyakit kanker, salah satunya adalah kanker empedu.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi