Gejala Kanker Anus yang Wajib Diketahui

doktersehat-pantat

DokterSehat.Com– Kanker bukanlah penyakit baru di muka bumi ini. Penyakit ini sangat ganas dan berbahaya bagi manusia, sebab bisa menyebabkan kematian. Tak sedikit orang yang terserang penyakit kanker. Sebab, penyakit ini tidak memandang siapapun, baik pria maupun wanita, dewasa maupun anak-anak. Umumnya, kanker disebabkan oleh pola hidup yang kurang sehat.

Ada beberapa jenis kanker yang umum diketahui, diantaranya kanker payudara, kanker rahim, kanker prostat, dan lain sebagainya. Selain itu, ada salah satu jenis kanker yang langka dan belum banyak diketahui, yakni kanker anus. Kanker ini berawal dari sel mukosa yang tedapat di lapisan dalam anus. Adapun beberapa gejala yang ditimbulkan oleh kanker anus yang wajib diketahui adalah sebagai berikut.

1. Rasa Gatal yang Berlebihan

Mungkin Anda pernah mengalami rasa gatal pada anus akibat kurang membersihkannya. Akan tetapi, rasa gatal tersebut akan menghilang dengan sendirinya setelah Anda selesai membersihkannya. Namun, jika anus gatal setiap hari tanpa ada infeksi, serta rasa gatal tersebut berlebihan dan abnormal, maka kemungkinan besar Anda mengalami kanker anus. Sel kanker bisa menyebabkan peradangan di area tersebut.

2. Pendaraan Rektum

Gejala kanker anus selanjutnya adalah pendarahan rektum. Pendarahan yang terjadi dinding rektum dan anus dan diseratai rasa nyeri yang terus menerus akan membuat Anda merasa terganggu dan tidak nyaman dalam melakukan aktivitas. Untuk itu, sebaiknya jangan mengabaikan gejala tersebut, dan segera periksakan ke dokter.

3. Benjolan di Anus

Sama halnya dengan gejala kanker payudara yang menyebabkan benjolan, kanker anus juga memiliki gejala yang sama. Maka sebab itu, Anda bisa melakukan pemeriksaan sedini mungkin agar kaker anus bisa ditangani dengan segera sebelum memburuk.

4. BAB yang tidak Normal

Ketika Anda terserang kanker anus, gejala yang akan Anda alami adalah Anda akan mengeluarkan kotoran atau tinja yang tidak normal. Pasalnya, kotoran yang keluar dari anus berupa cairan berwarna putih.