Terbit: 23 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Ginjal merupakan salah satu organ vital di dalam tubuh manusia. Kedudukan ginjal sendiri terbilang sangat penting, sebab fungsinya adalah menyaring kotoran di dalam darah dan mengeluarkannya melalui urin. Semakin baik kondisi ginjal seseorang, maka semakin bersih pula darahnya dari racun serta kotoran sehingga seseorang tersebut akan senantiasa sehat.

4 Tanda Gagal Ginjal yang Sulit Dideteksi

Maka dari itu, gagal ginjal adalah salah satu penyakit yang cukup mengkhawatirkan. Jika seseorang sudah menderita penyakit ini, maka kualitas hidup pun akan menurun. Bahkan, banyak yang mengatakan bahwa gagal ginjal adalah penyakit yang sulit disembuhkan. Yang menakutkan dari gagal ginjal adalah kemunculannya yang tidak mudah dideteksi. Sebab, tidak sedikit orang yang kecolongan karena tidak tahu gejala awalnya.

Untuk itu, agar selalu waspada, sebaiknya Anda mengetahui beberapa gejala awal dari gagal ginjal yang susah dideteksi berikut ini:

1. Peradangan

Perlu diketahu, gagal ginjal bisa menyebabkan retensi cairan di dalam jaringan tubuh sehingga menyebabkan peradangan. Biasanya, peradangan yang muncul memang mirip seperti peradangan pada umumnya sehingga tidak mencurigakan sedikitpun. Namun, yang menjadi pembeda adalah peradangan karena gagal ginjal biasanya dibarengi dengan pembengkakan di beberapa bagian tubuh, seperti kaki, tangan, perut, hingga wajah.

2. Berjerawat

Memang sedikit aneh, tapi  itulah faktanya. Jerawat tak hanya digambarkan sebagai penumpukan hormon saja, tapi juga bisa sebagai tanda awal terjadinya gagal ginjal. Namun, yang dikhususkan bukan jerawat itu sendiri, melainkan masalah kulit, seperti gatal-gatal, memerah, sensasi panas, dan sebagainya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

3. Susah Buang Air Kecil

Kalau tanda yang satu ini adalah gejala yang sangat ketara. Jika Anda mengalami susah buang air kecil dalam waktu lama, apalagi disertai darah, maka segera periksakan diri ke dokter. Sebab, hal tersebut bisa jadi kemungkinan gagal ginjal. Pasalnya, banyak yang salah menafsirkan antara gagal ginjal dan kencing batu. Untuk lebih jelasnya, alangkah baiknya segera pergi ke dokter.

4. Mudah Lelah

Salah satu fungsi ginjal adalah menghasilkan hormon erythropoietin, yang fungsinya untuk mengangkut oksigen melalui darah. Jika salah satu ginjal Anda tidak bekerja dengan baik, maka otomatis produksi hormon tersebut akan berkurang. Akibatnya, Anda menjadi sangat mudah lelah.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi