Terbit: 5 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Diabetes merupakan salah satu penyakit di mana kondisi gula dalam darah melonjak tinggi. Naiknya gula darah dalam tubuh bisa disebabkan oleh faktor pola makan yang kurang sehat, yakni sering mengonsumsi makanan mengandung gula secara berlebihan.

3 Kondisi Tak Terduga yang Ternyata Merupakan Gejala Diabetes

Seseorang yang sedang menderita penyakit diabetes, umumnya akan menunjukkan tanda-tanda seperti sering buang air kecil, mudah lapar, haus tanpa henti dan masih banyak gejala lainnya. Selain itu, ada beberapa gejala lain yang disebabkan oleh penyakit diabetes yang tidak Anda duga sebelumnya. Beberapa gejala tersebut diantaranya:

1. Penglihatan Tiba-Tiba Menjadi Lebih Jelas

Jika sebelumnya Anda memiliki masalah pada mata, misalnya tidak bisa melihat dengan jelas sehingga mengharuskan Anda untuk memakai kacamata, lalu tiba-tiba penglhatan Anda menjadi jelas dan tidak memerlukan kacamata lagi. Anda jangan senang dulu, sebab itu bisa menjadi gejala Anda sedang menderita diabetes. Hal ini dikarenakan kadar cairan dalam tubuh bepindah, termasuk di bagian mata Anda sehingga berujung pada penglihatan yang tidak menentu.

2. Pendengaran Berubah

Selain berpengaruh pada penglihatan gejala, diabetes juga bisa menyerang pendengaran Anda. jika Anda sedang menonton TV atau mendengarkan musik dengan volume yang cukup kencang namun Anda tidak bisa mendengarnya dengan jelas, maka hal tersebut diindikasikan Anda telah mengalamai gejala diabetes dan membutuhkan tes gula darah. Orang yang memiliki kadar gula darah yang tinggi juga memiliki kemungkinan 30 persen mengalami gangguan pendengaran dibanding dengan seseorang yang memiliki kadar gula darah yang normal. Para peneliti mengungkapkan bahwa diabetes bisa merusak pembuluh darah dan saraf pada bagian dalam telinga yang menyebabkan berkurangnya pendengaran.

3. Kulit Berubah Secara Aneh

Jika sebelumnya kulit Anda nomal, namun tiba-tiba berubah yang ditandai dengan munculnya bercak gelap dan halus di kulit seperti beludru yang biasaya muncul di bagian leher, siku, atau tulang pangkal jari, maka kemungkinan besar Anda sedang mengalami gejala diabetes. Hal ini disebabkan oleh kadar insulin yang meningkat menyebabkan pertumbuhan sel-sel pada kulit.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi