Terbit: 7 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Selama ini kita selalu menganggap kalau diabetes atau penyakit gula terjadi pada mereka yang sudah dewasa atau tua. Padahal diabetes bisa terjadi pada anak dan remaja yang baru saja puber. Mereka yang memiliki riwayat diabetes dari orang tua lebih rentan terkena penyakit ini, sehingga orang tua harus lebih memerhatikan gaya hidupnya.

Gejala Diabetes pada Anak dan Remaja yang Harus Diperhatikan

Untuk mengenal lebih jauh tentang diabetes yang terjadi pada remaja dan anak-anak, coba simak ulasan singkatnya di bawah ini.

Sekilas tentang diabetes di usia muda

Seperti halnya dengan diabetes yang terjadi pada mereka yang sudah dewasa, ada dua jenis diabetes dilihat dari penyebab dan juga efeknya.

  • Diabetes tipe 1

    Diabetes tipe ini disebabkan oleh autoimun yang merusak sel beta pada pankreas. Perusakan ini menyebabkan adanya gangguan pada produksi insulin. Penyakit ini banyak ditemukan pada anak berusia 4-6 tahun dan remaja usia 10-14 tahun.

  • Diabetes tipe 2

    Diabetes tipe ini tidak merusak sel beta dan insulin, tetapi bisa dibentuk oleh pankreas. Sayangnya efek dari insulin tidak dapat dirasakan oleh tubuh karena ada resistensi akibat gula darah yang cukup tingi. Diabetes tipe 2 ini sering terjadi pada mereka yang telah melewati masa pubertas atau usia 15-19 tahun.

Gejala diabetes pada anak dan remaja

Anak dan remaja yang mengidap diabetes biasanya mengalami hiperglikema atau kenaikan gula darah. Kondisi ini menyebabkan anak jadi sering kehausan, sering lapar meski baru saja makan, sering buang air kecil, dan kadang terlihat lemas tanpa melakukan apa-apa.

Anak dan remaja yang mengalami diabetes sering tidak bisa konsentrasi karena kondisi tubuh yang sering lemas. Selain itu, ada infeksi jamur pada tubuh dan penurunan indra penglihatan.

Nah, mari lebih waspada dengan anak dan remaja yang ada di sekitar kita khususnya kalau ada riwayat diabetes dari orang tua!


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi