Terbit: 21 Juli 2020 | Diperbarui: 27 Juli 2020
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: dr. Eko Budidharmaja

Pada dasarnya gejala demensia yang dialami setiap orang berbeda-beda tergantung bagian otak yang mana yang rusak. Penyakit ini umumnya memengaruhi kemampuan berpikir, mengingat, dan bernalar. Ketahui gejala-gejala demensia lainnya di bawah ini.

16 Gejala Demensia yang Harus Anda Ketahui

Gejala Demensia yang Mudah Dikenali

Jika Anda atau orang terdekat mengalami masalah memori, jangan langsung menyimpulkan bahwa itu adalah gejala awal demensia. Seseorang harus memiliki setidaknya dua jenis gangguan yang secara signifikan mengganggu kehidupan sehari-hari untuk menerima diagnosis dari penyakit ini.

Selain kesulitan mengingat, penderita juga dapat mengalami gangguan dalam berkomunikasi, mengatur fokus, dan berpikir. Berikut ini adalah beberapa gejala demensia lainnya yang bisa dikenali, di antaranya:

1. Gangguan Memori Jangka Pendek

Gejala awal demensia dan menjadi gejala paling umum adalah gangguan memori jangka pendek. Seseorang dengan penyakit ini mungkin kesulitan mengingat informasi yang baru saja dipelajari. Biasanya, penderita akan mengandalkan orang-orang terdekatnya untuk membantu mengingat hal-hal yang pernah dilakukannya.

Jika hilangnya ingatan ini terkait dengan usia dan bukan karena demensia, penderita biasanya dapat mengingat memori yang hilang di kemudian hari.

2. Kesulitan untuk Menjalankan Suatu Rencana

Gejala demensia berikutnya yang mudah dikenali adalah seseorang akan kesulitan untuk menjalankan aktivitas sesuai rencana. Misalnya mengikuti resep saat memasak atau kesulitan mengingat petunjuk arah saat mengemudi.

3. Kesulitan untuk Melakukan Tugas Rutin

Seseorang dengan kondisi ini mungkin merasa sulit untuk menyelesaikan aktivitas sehari-hari yang biasa dilakukan, seperti mengoperasikan komputer, menyeduh minuman, atau menuju ke tempat yang sudah pernah dikunjungi.

4. Disorientasi Ruang dan Waktu

Seseorang yang mengalami demensia akan kesulitan untuk memahami waktu yang sudah berlalu dan memahami lingkungan sekitarnya. Gejala demensia ini terlihat dari kesulitan memahami peristiwa di masa lalu atau masa yang akan datang.

5. Kesulitan Memahami Informasi Visual

Informasi visual dapat menjadi tantangan bagi penderita demensia. Hal itu disebabkan karena penyakit ini pada beberapa kasus membuat seseorang kesulitan untuk mencari tahu perbedaan antara warna atau menilai jarak.

Sementara itu, gangguan mengenali arah dan orientasi spasial biasanya mulai memburuk dengan timbulnya demensia. Dampak lanjutannya, penderita mengalami kesulitan mengikuti petunjuk arah. Aktivitas berkendara mungkin menjadi tantangan bagi seseorang yang memiliki kondisi ini.

6. Kesulitan Berbicara atau Menulis

Seseorang dengan demensia mungkin merasa sulit untuk terlibat dalam percakapan. Penyakit ini membuat penderita sering kali lupa yang pada yang dikatakan atau apa yang orang lain katakan.

Selain sulit menciptakan percakapan yang baik, gejala demensia yang terkait dengan kondisi ini sering kali membuat penderita memiliki tata bahasa yang buruk. Bahkan, tulisan tangan seseorang yang memiliki penyakit ini juga lebih sulit untuk dibaca.

7. Sering Meninggalkan Barang Sembarangan

Seseorang dengan demensia mungkin tidak dapat mengingat di mana mereka meninggalkan benda sehari-hari, seperti kunci rumah, dokumen, uang tunai, atau kunci kendaraan. Salah menempatkan barang tidak sesuai dengan tempat seharusnya bisa membuat penderita frustrasi.

8. Sering Mengambil Keputusan yang Buruk

Mungkin sulit bagi seseorang dengan demensia untuk memahami apa yang adil dan masuk akal. Hal ini membuat penderita membeli barang-barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Bahkan, beberapa orang dengan penyakit ini juga kurang memperhatikan mengenai kerapian dan kebersihan dirinya.

9. Minat yang Rendah untuk Bersosialisasi

Seseorang dengan demensia biasanya tidak memiliki ketertarikan untuk bersosialisasi dengan orang lain, baik dalam kehidupan rumah tangga atau di tempat kerja. Kondisi ini dapat terlihat ketika penderita tidak memperhatikan ketika orang sedang berbicara kepadanya.

10. Perubahan Kepribadian

Gejala awal demensia berikut ini memiliki kesamaan dengan beberapa kondisi psikologis lainnya. Penderita biasanya akan mudah tersinggung, mengalami depresi, atau kecemasan.

Seiring dengan perubahan suasana hati, Anda mungkin juga melihat pergeseran kepribadian pada penderita demensia. Salah satu tipe khas dari perubahan kepribadian yang terkait dengan demensia adalah seorang yang pemalu menjadi seorang yang ramah.

11. Sulit Menyusun Kata-Kata yang Tepat

Seseorang dengan demensia mungkin mengalami kesulitan menjelaskan sesuatu atau menemukan kata-kata yang tepat untuk mengekspresikan diri. Melakukan percakapan dengan seseorang yang menderita demensia bisa jadi sulit dan mungkin butuh waktu lebih lama dari biasanya untuk menyimpulkan perbincangan.

Baca Juga: Demensia: Penyebab, Gejala, Diagnosis, dan Pengobatan

12. Kehilangan Minat pada Hobi

Seseorang dengan penyakit ini dapat kehilangan minat pada hobi atau kegiatan-kegiatan lainnya. Kondisi ini membuat seseorang tidak ingin melakukan aktivitas di luar ruangan atau melakukan sesuatu yang menyenangkan. Gejala demensia ini bisa terlihat dari kadar emosional yang terasa datar.

13. Kebingungan

Gejala awal demensia yang mudah dikenali adalah kebingungan. Hilangnya ingatan jangka pendek dapat membuat seseorang mengalami kebingungan karena tidak dapat mengingat wajah, menemukan kata-kata yang tepat, atau berinteraksi dengan orang secara normal.

14. Kesulitan Mengikuti Alur Cerita

Kesulitan mengikuti alur cerita dapat menjadi gejala demensia. Penderita kadang-kadang lupa kata-kata yang mereka dengar saat sedang menyaksikan sebuah program di televisi.

15. Melakukan Sesuatu Berulang-ulang

Pengulangan yang terjadi pada penderita demensia disebabkan karena kehilangan ingatan dan perubahan perilaku. Penderita dapat mengulangi tugas-tugas harian atau mengumpulkan barang-barang secara obsesif. Selain itu, gejala demensia lainnya juga dapat terlihat dari mengulangi pertanyaan yang sama dalam percakapan.

16. Sulit Beradaptasi dengan Perubahan

Gejala awal demensia sering kali membuat penderita merasa takut. Hal itu disebabkan karena tiba-tiba mereka tidak bisa mengingat orang atau apa yang orang lain katakan. Kondisi ini membuat penderita takut untuk mencoba pengalaman baru. Kesulitan beradaptasi dengan perubahan juga merupakan gejala khas demensia dini.

Nah, itulah beberapa gejala demensia yang sebaiknya Anda kenali.

 

  1. Higuera, Valencia. Mary Ellen Ellis. 2018. 10 Early Symptoms of Dementia. https://www.healthline.com/health/dementia/early-warning-signs. (Diakses pada 21 Juli 2020).
  2. Huzar, Timothy. 2019. What are the early signs of dementia?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324516. (Diakses pada 21 Juli 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi