Terbit: 6 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Rasa lelah adalah hal yang wajar dialami oleh semua orang, apalagi bagi yang memiliki mobilitas tinggi dalam aktivitas sehari-hari. Rasa lelah bisa dikatakan sebagai kondisi tubuh yang telah kehabisan cadangan energi sehingga membuat otot lemas dan seakan tak bergairah dalam melakukan aktivitas.

Waspada, Sering Lelah Bisa Pertanda Gejala Diabetes

Bagi sebagian orang, rasa lelah biasanya diredakan dengan beristirahat atau merelaksasi tubuh dengan berendam ataupun pijat. Namun, cara yang paling ampuh dalam mengatasi kelelahan adalah dengan mengistirahatkan otak dan fisik yang sudah sangat payah. Namun, jika rasa lelah yang Anda alami tak kunjung hilang dan sering datang tanpa sebab, maka Anda harus mewaspadainya.

Sebab, dilansir dari laman Prevention, kelelahan yang terus-menerus terjadi pada seseorang merupakan salah satu gejala awal dari diabetes. Biasanya, rasa lelah tersebut dibarengi dengan rasa haus yang tiada henti sehingga membuat seseorang tersebut menjadi lebih sering minum, bahkan melebihi delapan gelas dalam sehari.

Hal senada juga dikemukakan oleh pakar kesehatan asal New York, bahwa kadar gula yang tinggi di dalam tubuh adalah penyebab kelelahan yang jarang disadari oleh kebanyakan orang. Hal itu dikarenakan terjadinya ketidakseimbangan antara glukosa dan insulin dalam tubuh. Walau sudah istirahat sekalipun, hormon di dalam tubuh tetap tidak stabil akibat tidak seimbangnya kadar tersebut.

Sampai saat ini, banyak yang tidak sadar bahwa dirinya tengah mengalami gejala diabetes dan mengabaikan isyarat dari tubuh. Jika dibiarkan terus-menerus, maka gejala itu akan menjadi ancaman serius bagi Anda, terlebih bagi yang sudah lanjut usia.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

Jika Anda sering merasa lelah walau tak melakukan aktivitas berat, maka Anda harus waspada dan alangkah baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Terlebih rasa lelah itu dibarengi dengan rasa haus yang terkendali.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi