Terbit: 5 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Asam urat masih dianggap sebagai penyakit yang hanya akan menyerang orang-orang berusia tua atau lansia. Dalam realitanya, penyakit ini memang lebih sering menyerang pria usia lanjut meskipun ada wanita yang sudah mengalami fase menopause yang juga mengalaminya.

Gejala Asam Urat Bisa Dikenali Sejak Usia Muda?

Hanya saja, banyak orang yang tidak menyadari jika penderita obesitas, hipertensi, diabetes, dan penyakit pada ginjal juga cenderung lebih rentan terkena masalah asam urat. Hal ini berarti, penyakit ini sebenarnya bisa menyerang siapa saja tanpa mengenal usia. Karena alasan inilah ada baiknya kita mengenali gejala dari asam urat di usia muda.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa gejala yang paling mudah dikenali dari masalah asam urat sejak di usia muda adalah rasa nyeri ringan yang sangat terasa di berbagai persendian seperti jari-jari tangan, jari kaki khususnya pada bagian ibu jari, serta pergelangan kaki dan lutut. Rasa nyeri ini cenderung semakin meningkat dan berlangsung hingga beberapa hari dengan disertai sensasi pembengkakan dan kulit yang memerah.

Memang, rasa nyeri ini bisa menghilang dengan sendirinya, namun, sensasi ini bisa muncul kapan saja dan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Karena alasan inilah anak muda yang sering mengalami nyeri di persendian untuk tidak menyepelekan gejala ini dan segera memeriksakannya jika mulai sering merasakannya.

Jika anak muda mengalami diabetes atau obesitas, maka risiko untuk terkena masalah asam urat juga naik hingga 4 kali lipat. Pada penderita diabetes, terganggunya fungsi ginjal akibat penyakit ini bisa membentuk asam urat dalam tubuh.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Melihat adanya fakta ini, sudah jelas bahwa asam urat bukanlah penyakit yang hanya menyerang lansia. Siapa saja bisa diserang penyakit ini, termasuk anak muda sehingga wajib untuk selalu diwaspadai.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi