Tak Hanya Lemas, Anemia Juga Ditandai dengan Gejala ini

doktersehat-gejala-anemia
photo credit : pexels.com

DokterSehat.ComРAnemia atau kurang darah adalah sebuah kondisi tubuh yang kehilangan jumlah hemoglobin (sel darah merah) dalam jumlah banyak sehingga mengakibatkan berbagai gangguan kesehatan. Anemia sendiri bisa dikarenakan pola hidup yang tak sehat, misalnya sering begadang, terlalu pada aktivitas, hingga pola makan yang tak sehat.

Sebagai gejala atau tandanya, orang yang kekurangan darah selalu merasakan lemas yang berlebihan sehingga merasa enggan untuk melakukan apapun. Orang yang terkena anemia harus segera diatasi, sebab kondisi ini bisa menyebabkan gangguan tubuh lainnya dan bahkan bisa berujung kematian. Untuk itu, Anda harus mengetahui secara betul apa saja gejala dari anemia agar bisa mengatasinya secara tepat.

Selain tubuh lemas, berikut adalah gejala-gejala ketika seseorang mengalami anemia atau kurang darah:

1. Tidak Nafsu Makan

Ketika seseorang sedang mengalami anemia, maka dia akan kehilangan nafsu makan yang cukup drastis. Hal tersebut dikarenakan organ pada tubuh melemah sehingga otak tidak bisa menyampaikan sinyal secara baik ketika sel darah merah sedang rendah. Jika Anda mengalami penurunan nafsu makan, alangkah baiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk diagnose lebih lanjut.

2. Sering Kesemutan

Kesemutan adalah hal yang wajar terjadi pada organ tubuh seseorang, tapi jika kesemutan itu terus terjadi maka ada yang tidak beres pada tubuh Anda. Pasalnya, banyak pakar yang mengatakan bahwa kesemutan adalah salah satu ciri seseorang sedang mengalami anemia. Hal tersebut dikarenakan vitamin dan folat pada saraf tidak bekerja secara maksimal.

3. Mudah Sakit

Jika tubuh Anda tiba-tiba menjadi lemah dan mudah sakit, maka itu adalah salah satu gejala dari anemia. Sakit tersebut bisa berupa demam, flu, gangguan pernapasan, infeksi, dan gejala sakit lainnya. Hal tersebut dikarenakan sel dan hormon di dalam tubuh sedang sangat menurun sehingga tidak mampu menghadang virus dan bakteri yang menyerang.