Beberapa Gaya Renang yang Aman untuk Pemula

doktersehat olahraga renang
photo credit: Pexels

DokterSehat.Com– Banyak yang mengetahui bahwa berenang adalah salah satu kegiatan olahraga yang memiliki banyak manfaatnya. Apalagi untuk Anda yang setiap hari berenang, tentu sudah mendapatkan banyak manfaatnnya, bukan? Nah, kali ini kita akan membahas tentang gaya renang yang cocok digunakan oleh pemula. Jadi, untuk Anda yang pemula atau baru mau mencoba untuk berenang, bisa mencoba beberapa gaya berikut ini sebagai ajang latihan Anda.

1. Gaya Katak

Gaya renang yang cocok untuk pemula adalah gaya katak atau gaya dada. Karena gaya katak atau gaya dada sangat mudah dilakukan, di mana kita memompa air dengan menggunakan kedua tangan kita agar kita bisa bergerak maju. Selain mudah dilakukan, gaya ini sangat bermanfaat untuk pernapasan dada kita. Sehingga, kita bisa memanfaatkan gerakan ini untuk melatih napas kita.

2. Gaya Punggung

Memang gaya punggung terlihat sulit dilakukan. Namun, sebenarnya gaya punggung ini sangat cocok untuk pemula. Karena gaya punggung mudah dipelajari jika mau berlatih setiap hari. Jika Anda sebagai pemula melakukan gaya punggung, maka Anda akan terlihat lebih profesional karena tidak semua perenang pemula bisa melakukan gaya punggung. Gaya punggung inipun juga bisa kita manfaatkan untuk mengambil udara dengan leluasa, karena kita memiliki banyak ruang dalam mengambil udara ketika berenang.

3. Gaya Bebas

Gaya yang ketiga bisa Anda gunakan adalah gaya bebas. Gaya bebas bukan seperti namanya, yaitu kita bisa bergerak apapun yang kita mau. Melainkan gaya bebas ini adalah gaya yang membebaskan kedua tangan kita bergerak mengarung atau mendayung agar kita bisa bergerak. Dengan kata lain, hidung kita bisa lebih fokus dalam mengambil udara di luar permukaan air ketika kita berenang.

Nah, itulah beberapa gaya renang yang bisa Anda lakukan sebagai pemula. Kini Anda bisa mencobanya dan ketika Anda sudah mahir melakukannya, maka Anda bisa mencoba gaya renang yang lainnya.