Ingin Menurunkan Berat Badan saat Berpuasa? Hindari Kebiasaan Berikut Ini!

Terbit: 22 May 2018 | Diperbarui: 3 June 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Puasa adalah aktivitas yang menyimpan segudang manfaat baik bagi kesehata fisik dan mental. Puasa bisa menjadi cara untuk membuat tubuh tetap sehat, bahkan bisa juga menjadi obat dari suatu penyakit. Selain itu, puasa juga bisa dijadikan sebagai salah satu cara ampuh untuk menurunkan berat badan.

Akan tetapi, ada lebih dari satu kebiasaan yang sering dilakukan oleh banyak orang saat berpuasa yang justru membuat tubuh menjadi lebih melar. Apa saja kebiasaan itu?

1. Terlalu Banyak Tidur Setelah Sahur

Selama berpuasa, tubuh memang akan terasa lemas dan tidak bertenaga dikarenakan kurangnya asupan makanan dan minuman. Oleh sebab itu, terkadang tubuh yang lemas membuat mata terasa ngantuk sehingga menimbulkan keinginan untuk tidur. Bahkan, bisa membuat tidur sepanjang hari, terutama setelah sahur. Padahal, tidur setelah sahur tidaklah baik karena bisa membentuk lemak dan kalori di dalam tubuh lebih banyak sehingga membuat tubuh menjadi lebih cepat gemuk.

2. Berburu Takjil Terlalu Banyak

Takjil merupakan makanan ringan atau kudapan yang biasa dikonsumsi pada saat berbuka puasa. Takjil terdiri dari makanan manis seperti es buah, kolak, es kelapa, dan masih banyak lainnya. Seringkali tanpa sadar Anda berburu takjil sangat banyak. Hal ini dikarenakan saat berpuasa, rasa lapar membuat keinginan untuk memakan apa saja. Sehingga, Anda kan berburu takjil sngat banyak ketika ngabuburit atau sore hari. Kebiasaan ini sebaiknya dihindari karena bisa membuat badan Anda akan menjadi semakin gemuk. Anda boleh saja berburu takjil, tapi sewajarnya saja, jangan terlalu banyak.

3. Terlalu Banyak Makan saat Buka Puasa

Buka puasa adalah waktu yang sangat ditunggu-tunggu bagi Anda yang sedang menjalankan puasa. Karena rasa lapar yang sudah datang, bahkan dari siang hari, membuat Anda melahap segala makanan yang ada. Sehingga, Anda tidak memperhatikan jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh Anda. Untuk itu, makanlah secukupnya saat berbuka agar Anda tidak merasa kenyang berlebih dan berat badan tidak bertambah.

DokterSehat | © 2024 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi