8 Tips Tetap Intim dengan Pasangan Usai Persalinan meski Tanpa Seks

Terbit: 24 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Hubungan tetap intim tanpa seks dengan pasangan usai persalinan sangat diperlukan agar keharmonisan rumah tangga tidak luntur. Bagaimana caranya? Simak dalam ulasan di bawah ini!

Tips Tetap Mesra Tanpa Seks Usai Melahirkan

Baru melahirkan bayi kemungkinan besar dapat memengaruhi perasaan dan sikap Anda terhadap pasangan, terutama dalam beberapa minggu dan bulan pertama. Namun, penting juga untuk fokus pada kemesraan hubungan Anda meskipun tanpa seks.

Berikut ini tips tetap intim tanpa seks dengan pasangan usai persalinan, di antaranya:

1. Masak Bersama

Setelah melahirkan, wanita akan susah bergerak untuk sementara waktu. Untuk menambah kerukunan dan keintiman, pasangan bisa memasak bersama di dapur. Aktivitas ini akan menyenangkan karena ada kerja sama di dapur untuk mendapatkan masakan yang nikmat.

Suami bisa mengambil alih semua kendali dapur sementara istri akan mengarahkan apa saja yang bisa dimasak dan bumbu yang digunakan. Kalau anak menangis, pasangan bisa bergantian untuk menenangkannya.

2. Kencan Singkat

Anda dan pasangan bisa melakukan kencan singkat meskipun di dalam rumah. Misal suami memasak atau membeli sesuatu melalui online. Pasangan bisa makan malam berdua atau sambil menyaksikan acara kesukaan.

Kencan juga bisa dilakukan dengan memberi ciuman, pelukan, dan hal-hal lain yang bisa membuat semakin erat hubungan.

3. Ngobrol tentang Seks

Mengobrol tentang seks bukanlah hal yang tabu untuk pasangan suami dan istri. Anda bisa sama-sama menceritakan fantasi yang diinginkan dan cara yang dilakukan untuk mewujudkannya.

Selanjutnya Anda dan pasangan bisa sesekali menyaksikan video pornografi. Kalau pasangan mendadak terangsang, kalian bisa melakukan mutual masturbation tanpa menjurus ke aktivitas seks.

Baca Juga: 4 Cara Membuat Pria Klimaks Tanpa Aktivitas Penetrasi

4. Menentukan Tugas Masing-Masing

Menjadi orang tua baru bisa melelahkan dan membuat anda dan pasangan mengalami stres. Nah, untuk membantu menghindari pertengkaran, tentukan tugas rumah tangga dan yang berhubungan dengan bayi untuk masing-masing.

Cara demikian dapat mengurangi perasaan kebencian terhadap satu sama lain dan meningkatkan rasa cinta.

5. Menanggapi Perubahan dengan Bijak

Diperlukan waktu berbulan-bulan bagi tubuh Anda untuk pulih sepenuhnya setelah persalinan. Bagi istri dan suami, banggalah dengan tubuh istri yang menggendong dan mengasuh bayi serta merespons perubahan kebutuhannya.

Misalnya, Anda mungkin mengalami kekeringan pada vagina setelah melahirkan, terutama jika sedang menyusui.

6. Menjadi Kreatif

Ada banyak cara untuk meningkatkan keintiman dengan pasangan tanpa melakukan hubungan seksual. Misalnya berpelukan di pagi hari, mandi bersama, saling menggosok punggung.

Begadang 15 menit kemudian setiap malam untuk berbicara sebelum tidur. Hal yang terpenting adalah meluangkan waktu untuk hubungan Anda.

Baca Juga: 6 Tips Melakukan Seks Gaya Doggy Style yang Benar

7. Terus Bangun Kebiasaan Menghargai dalam Hubungan.

Gunakanlah teknologi untuk tetap terhubung dan merasa dekat dengan pasangan. Kirimkan pesan cinta dan pujian yang tidak diminta kepada pasangan Anda. Selain itu, jadilah orang pertama yang meminta maaf jika Anda kurang sabar.

8. Membangun Impian Bersama

Ketika sedang bersama di rumah, sempatkan untuk membicarakan tentang apa impian dan harapan Anda di masa depan. Tidak banyak hal yang bisa mendekatkan pasangan selain berbagi harapan dan impian Anda dan pasangan di masa depan.

Itulah tips yang bisa Anda praktikkan untuk tetap intim tanpa seks dengan pasangan usai menjalani persalinan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda dan pasangan ya, Teman Sehat!

  1. Anonim. 2010. Baby Steps to Postpartum Intimacy. https://www.nationwidechildrens.org/family-resources-education/family-resources-library/baby-steps-to-postpartum-intimacy#:~:text=Remember%2C%20there%20are%20many%20ways,Give%20each%20other%20backrubs. (Diakses pada 15 September 2023)
  2. Anonim. Tanpa Tahun. 5 Steps to Maintain Intimacy After Birth. https://www.helpinghandsdoula.com/5-steps-to-maintain-intimacy-after-birth/ (Diakses pada 15 September 2023)

DokterSehat | © 2024 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi