6 Penyebab Libido Meningkat saat Cuaca Dingin

Terbit: 19 February 2018 | Diperbarui: 30 November 2023
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Gairah seksual sering kali meningkat saat cuaca dingin ternyata bukan tanpa alasan. Ada sejumlah faktor yang membuat libido meningkat saat musim dingin atau musim hujan. Lebih lanjut simak penyebabnya dalam ulasan di bawah ini!

Penyebab Gairah Seksual Meningkat saat Cuaca Dingin

Cuaca dingin dapat membuat seseorang mengalami peningkatan gairah seksual atau biasa disebut libido. Gairah seksual meningkat baik pada pria maupun wanita karena sejumlah faktor.

Adapun faktor yang meningkatkan libido saat cuaca dingin, antara lain:

1. Memiliki Serotonin yang Rendah

Serotonin adalah bahan kimia dan neurotransmitter yang penting untuk membantu mengatur suasana hati (mood) agar bahagia, tingkat energi, tidur, serta hasrat dan fungsi seksual.

Sebuah studi di tahun 2002 menemukan bahwa kadar serotonin paling rendah terjadi selama musim dingin karena cenderung mendung, itu artinya tubuh lebih sedikit terpapar sinar matahari. Produksi serotonin ini dapat dipengaruhi oleh seberapa banyak tubuh terpapar cahaya matahari.

Rendahnya serotonin dapat menyebabkan seseorang mengalami gangguan suasana hati seperti depresi. Kondisi inilah yang membuat seseorang mengalami peningkatan hasrat untuk seks yang memberikan kehangatan dan kesenangan.

Studi lain di tahun 2010 menemukan bahwa serotonin tampaknya menghambat aktivitas seksual – itulah sebabnya antidepresan yang memengaruhi serotonin terkait dengan disfungsi seksual.

Dengan demikian, mungkin kadar serotonin yang lebih rendah di musim dingin justru membuat seseorang lebih tertarik untuk bercinta.

2. Ingin Menghangatkan Badan

Saat musim dingin, semua orang termasuk pria atau wanita ingin menghangatkan tubuhnya. Selain duduk di depan tungku perapian, salah satu cara untuk menghangatkan badan yang paling mudah adalah saling berpelukan di bawah selimut atau saling menyentuh satu dengan yang lain.

Aktivitas cuddling yang dilakukan oleh pasangan ini akan memicu hasrat seksual menjadi tinggi. Sebagai efeknya, hubungan seksual tidak bisa dihindari lagi.

Baca Juga: 10 Makanan yang Efektif untuk Meningkatkan Libido

3. Peningkatan Hormon Testosteron

Sebuah studi di tahun 2003 menemukan bahwa pria mengalami penurunan kadar hormon testosteron sepanjang musim panas.

Mengingat testosteron sangat erat kaitannya dengan gairah seks pria, faktanya bahwa kadar testosteron yang lebih tinggi di musim dingin mungkin juga berarti pria lebih tertarik pada seks.

4. Pria Lebih Tertarik pada Wanita saat Cuaca Dingin

Dalam sebuah penelitian di tahun 2008 yang diterbitkan dalam jurnal Perception, subjek penelitian pria menemukan bahwa tubuh wanita lebih menarik di musim dingin dibandingkan di musim panas.

Para peneliti berpendapat bahwa hal tersebut mungkin karena efek mengenakan pakaian tebal saat cuaca dingin, dengan kata lain, pria tidak melihat kulit sepanjang hari membuat tubuh wanita tampak lebih menarik.

Baca Juga: 10 Makanan yang Efektif untuk Meningkatkan Libido

5. Musim Dingin Membuat Ikatan Emosional Lebih Kuat

Saat musim dingin atau hujan tiba, Anda dan pasangan akan lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah dengan melakukan aktivitas bersama, seperti nonton, makan, mandi bareng, atau bahkan berhubungan seks. Kebersamaan inilah yang membuat hubungan suami istri menjadi semakin dekat.

Kebersamaaan tersebut dapat membuat otak memproduksi hormon oksitosin dan endorfin yang menimbulkan perasaan bahagia. Dengan begitu, ikatan emosional satu sama lain yang semakin erat kemungkinan besar akan meningkatkan hasrat seksual.

6. Pria dan Wanita Lebih Subur saat Musim Dingin

Produksi sperma bekerja maksimal ketika suhu testis beberapa derajat lebih dingin daripada suhu tubuh pria itu sendiri, jadi selama musim dingin, testis berada pada iklim yang lebih sesuai dari biasanya.

Berdasarkan penelitian di tahun 2003 yang diterbitkan dalam Journal of Andrology menemukan bahwa jumlah sperma jauh lebih tinggi di musim dingin, dan sperma berada dalam kondisi yang lebih baik untuk membuahi sel telur.

Wanita juga lebih subur ketika masuk musim dingin. Menurut studi di tahun 2016 bahwa  lebih banyak wanita hamil pada akhir tahun – di mana bulan musim dingin dimulai – dibandingkan musim lainnya dalam setahun.

Nah, itulah beberapa penyebab mengapa saat cuaca dingin membuat gairah seksual meningkat. Jadi, jangan heran jika libido Anda memuncak saat musim dingin atau musim hujan yang dianggap bulan terbaik untuk berhubungan seks. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Teman Sehat!

  1. Volpe, Allie. 2017. 5 Reasons Why You’re More Likely to Get Laid in the Winter, According to Science. https://www.menshealth.com/sex-women/a19545401/why-youre-more-likely-to-have-sex-during-winter/ (Diakses pada 30 November 2023)
  2. Yuko, Elizabeth. 2019. 10 Surprising Ways the Winter Affects Your Sex Drive. https://bestlifeonline.com/winter-sex-drive/ (Diakses pada 30 November 2023)

DokterSehat | © 2024 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi