Terbit: 19 April 2022
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Memegang dan meremas payudara kerap kali dilakukan untuk memberikan rangsangan seksual. Tak sebatas itu, ada sejumlah manfaat memegang payudara yang bisa Anda peroleh. Apa saja? Simak melalui ulasan berikut!

6 Manfaat Memegang Payudara, Bisa Cegah Kanker?

Manfaat Memegang Payudara

Payudara adalah bagian tubuh yang sensitif sehingga dapat menjadi salah satu titik rangsangan seksual. 

Tak hanya itu, memegang payudara juga memiliki manfaat lain yang mungkin tidak Anda duga sebelumnya. Memegang di sini artinya memijat payudara dengan cara tertentu.

Berikut adalah khasiat dan manfaat memegang payudara yang sebaiknya Anda ketahui:

1. Meningkatkan gairah seksual

Setiap wanita mempunyai bagian tubuh yang sensitif, salah satunya adalah payudara. Areola (puting) pada payudara memiliki simpul saraf yang sangat sensitif terhadap rangsangan.

Oleh karena itu, pada sebagian wanita, manfaat memegang payudara dapat meningkatkan gairah seksual.

2. Membantu ibu menyusui

Memegang payudara bermanfaat untuk membantu kelancaran proses menyusui. Hal ini berkaitan dengan rasa nyeri pada ibu menyusui dan kualitas ASI.

Menurut penelitian, ibu menyusui yang melakukan pijat payudara selama 30 menit dalam 10 hari setelah melahirkan mengalami rasa nyeri yang lebih sedikit. Ini dibandingkan dengan ibu menyusui yang tidak menerima pijat payudara.

Tak hanya itu, melansir Healthline, pijat payudara membuat bayi lebih banyak menyusu di payudara dan membuat susu yang dihasilkan mengandung lebih sedikit sodium.

Manfaat memegang payudara sendiri juga bisa membantu kelancaran produksi ASI. Berdasarkan penelitian lawas tahun 1994, kombinasi menyusui dan pijat bekerja untuk mengosongkan saluran susu dan mendorong produksi lebih banyak susu.

Sejumlah  manfaat memegang dan memijat payudara ibu menyusui lainnya, yaitu mengatasi pembengkakan, penyumbatan saluran susu (mastitis), dan infeksi jaringan payudara.

Baca JugaManfaat Menghisap Payudara, Bisa Percepat Orgasme?

Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut untuk mendapatkan manfaat memegang payudara untuk menyusui:

  • Letakkan empat jari tangan pada salah satu payudara. Satu jari di atas payudara dan empat jari tangan lainnya di bawahnya.
  • Pijat dengan pola melingkar. Lebih baik lagi jika tangan Anda bersuhu hangat.
  • Gunakan ujung jari untuk memijat seluruh payudara.
  • Jika ingin mengeluarkan ASI, posisikan jari telunjuk Anda di belakang pangkal puting. Satukan jari-jari Anda sambil tekan payudara dengan lembut, dorong ASI ke arah puting, lalu peras.

3. Membantu mendeteksi dini kanker payudara

Manfaat memegang payudara lainnya adalah dapat menurunkan risiko tumor dan kanker. Pasalnya, aktivitas ini dapat mendeteksi adanya pertumbuhan jaringan abnormal di sekitar payudara.

Menurut penelitian, sekitar 25 persen wanita dapat mendeteksi kanker payudara dengan pemeriksaan mandiri. Sementara itu, 18 persen lainnya menemukan kanker secara tidak sengaja.

Manfaat yang satu ini sangat penting karena dapat membantu mendeteksi tumor dan kanker sejak dini. Dengan begitu, penanganan akan lebih cepat dan tepat.

4. Mengencangkan payudara

Sebagian orang percaya bahwa memegang payudara atau memijatnya dapat membantu mengencangkan payudara dan mencegah payudara kendur.

Khasiat tersebut ada karena pijat payudara kemungkinan besar dapat membantu melancarkan aliran darah ke area payudara sehingga membuatnya terlihat lebih kencang.

Kendati demikian, penelitian terkait manfaat yang satu ini perlu dilakukan. Sebab, ada banyak faktor yang dapat membuat payudara kendur, seperti faktor usia hingga berat badan.

5. Merangsang sistem limfatik

Memegang payudara dapat membantu merangsang sistem limfatik. Fungsi sistem limfatik adalah membantu pengeluaran racun dalam tubuh.

Orang dengan kanker payudara dapat mengalami limfedema. Kondisi ini biasanya meliputi pembengkakan di lengan, payudara, atau dada.

Perawatan untuk kondisi ini biasanya berupa kompres es dan perban. Nah, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa pijat dapat membantu meningkatkan kemungkinan penyembuhan.

Menurut penelitian tahun 2004, pijat untuk mengobati limfedema terkait payudara menunjukkan peningkatan yang lebih signifikan daripada hanya membalut.

Baca Juga6 Manfaat Minyak Zaitun untuk Payudara, Bisa Memperbesar?

Manfaat memegang payudara dan memijatnya bisa membantu mengatasi nyeri otot. Pijat payudara ini dapat membantu mengurangi ketegangan pada otot payudara.

Jika Anda mengalami sesak setelah olahraga, pijat payudara kemungkinan bisa membantu meringankan gejala. Selain itu, pijat juga bisa membantu mengurangi rasa sakit di bahu dan punggung bagian atas.

Demikian beberapa manfaat dan memijat payudara. Perlu Anda perhatikan, memijat dan meremas payudara sebaiknya tidak dilakukan pada kondisi tertentu.

Sebagai contoh, adanya kanker atau tumor payudara, mastitis (radang kelenjar susu), infeksi pada payudara, atau luka pasca operasi.

 

  1. Luthra, Ambika. 2021. 15 Amazing Health Benefits of Breast Massage & How To Do It? https://bebodywise.com/blog/breast-massage/. (Diakses pada 19 April 2022).
  2. Marcin, Ashley. 2019. 5 Benefits of Breast Massage. https://www.healthline.com/health/breast-massage. (Diakses pada 19 April 2022).

DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi