Terbit: 23 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Bagi pria, penis tidak hanya alat untuk membuang sisa ekskresi dalam tubuh dan juga alat untuk berhubungan badan saja. Lebih dari itu, penis juga merupakan alat reproduksi yang menentukan masa depan pria dan juga kebanggaan dari pria. Memiliki penis yang sehat dan performanya bagus akan membuat pria lebih merasa punya harga diri.

5 Hal yang Mengancam Kesehatan Penis, Pria Wajib Waspada

Melihat begitu besarnya fungsi alat kelamin ini untuk pria, kita tidak boleh sembarangan dalam menjaganya. Penis yang kita miliki masih terancam oleh tujuh hal di bawah ini.

Gangguan ejakulasi
Gangguan ejakulasi yang bisa dialami oleh pria adalah gangguan berupa cepat atau lambatnya ejakulasi saat berhubungan badan. Lebih lanjut, beberapa pria juga alami sakit saat mengalamu ejakulasi.

Gangguan ereksi
Pria yang alami gangguan peyronie akan alami kesulitan saat ereksi. Selain itu, penis juga sakit karena bagian bawahnya tertarik. Selain karena gangguan ini, penis juga bisa alami impotensi karena penyakit seperti diabetes dan obesitas.

Infeksi menular seksual
Beberapa penyakit menular seksual seperti gonore, klamidia, sifilis, hingga kutil kelamin bisa mengenai penis. Gangguan ini bisa sebabkan fungsi reproduksi dan seksual pria menurun.

Kanker dan peradangan
Penis juga bisa ditumbuhi kanker yang cukup ganas. Kanker yang muncul biasanya menyebabkan perdarahan dan juga pembengkakan.

Selain karena kanker, pembengkakan pada penis juga bisa disebabkan oleh beberapa bakteri atau penis terkena benda keras. Saat terjadi peradangan, penis akan keluarkan cairan berbau, ruam, sakit saat dipegang, dan sesekali sebabkan gatal.

Fimosis
Pria yang tidak sunat biasanya kerap alami fimosis. Kondisi ini menyebabkan kulup tidak bisa ditarik sehingga saat ereksi, pria akan mengalami sakit.

Agar hal-hal di atas tidak terjadi, kita semua harus menjaga penis dengan baik. Kalau ada masalah atau hal janggal, segera temui dokter untuk mendapatkan pemeriksaan.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi