Terbit: 16 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Tubuh penderita diabetes dan seseorang yang normal tentu berbeda. Penderita diabetes akan mengalami penurunan fungsi organ sehingga pada beberapa aktivitas, mereka tidak bisa melakukannya dengan sempurna.

Penderita Obesitas Takkan Bisa Lagi Menikmati Seks?

Dari beberapa aktivitas fisik yang dilakukan oleh penderita diabetes, hubungan seks adalah yang paling disorot. Benarkah penderita diabetes tidak bisa lagi menikmati aktivitas seksual seumur hidupnya?

1. Munculnya disfungsi ereksi pada pria

Diabetes yang terjadi pada pria bisa menyebabkan mereka mengalami disfungsi ereksi. Meski dalam keadaan terangsang, pria akan susah mendapatkan ereksi sempurna.

Salah satu penyebab disfungsi ereksi pada pria adalah kerusakan pembuluh darah ke penis Akibat kondisi ini, penis tidak bisa mendapatkan suplai darah untuk membuatnya jadi keras.

2. Ejakulasi terbalik pada pria

Ejakulasi terbalik atau ejakulasi retrograde adalah kondisi yang menyebabkan mani tidak keluar dari penis usai ejakulasi berlangsung. Seusai orgasme, pria tidak akan mengeluarkan mani di luar karena cairan itu masuk ke dalam.

Pada penderita diabetes, kondisi ini kerap terjadi. Cairan mani akan masuk ke dalam kandung kemih dan akan dikeluarkan bersama dengan urine.

3. Wanita mengalami sakit saat bercinta

Saat mengalami diabetes, tubuh wanita akan mengalami perubahan hormon. Dampaknya, vagina menjadi lebih kering dari biasanya. Bahkan setelah wanita dirangsang, cairan lubrikasinya tidak keluar dengan maksimal.

Pada kondisi ini, hubungan seks akan membuat wanita jadi sakit. Untuk itu, pria disarankan menggunakan cairan lubrikan berbahan air agar aktivitas seks tetap berjalan lancar.

4. Infeksi pada vagina

Wanita yang menderita diabetes akan mengalami perubahan pH atau keasaman pada vagina. Dampaknya, flora normal yang hidup di sana mati dan digantikan dengan bakteri lain yang bisa menginfeksi.

Hubungan seks dengan wanita yang mengalami diabetes disarankan menggunakan kondom. Hal ini dilakukan untuk menurunkan risiko penularan penyakit.

Inilah beberapa fakta terkait hubungan seks pada penderita diabetes, semoga bisa Anda gunakan sebagai rujukan.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi