Manfaat Snail Gel pada Skincare yang Belum Diketahui

Terbit: 18 April 2018 | Diperbarui: 8 November 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Banyaknya tren skincare yang menggunakan snail gel sebagai formula aktifnya membuat orang bertanya-tanya mengenai khasiatnya. Apalagi, snail gel masih dinilai sebagai bahan yang masih awam dan asing jika dihubungkan dalam perawatan kulit. Namun, jangan khawatir karena snail gel memiliki sejumlah manfaat seperti berikut:

1. Melembapkan Kulit

Kandungan air yang cukup tinggi pada snail gel membuat bahan satu ini digunakan sebagai moisturizer alami. Tidak heran jika snail gel dicampurkan ke dalam skincare khusus untuk melembpakan kulit. Pasalnya, snail gel mampu mengunci kelembapan kulit secara optimal.

2. Meredakan Peradangan

Kandungan nutrisi serta bahan anti peradangan di dalamnya sangat ampuh mengatasi kulit yang sedang meradang atau mengalami ruam. Tidak hanya meredakan, snail gel juga mempercepat proses penyembuhan kulit.

3. Memperbaiki Jaringan

Snail gel sendiri dikenal akan kandungan nutrisi dan bahan aktif yang sangat beragam. Tidak heran jika skincare yang mengandung snail gel dapat memperbaiki jaringan tisu sehingga kulit memiliki tekstur yang rata dan terhindar dari bekas luka seperti keloid mau pun bopeng.

4. Menstimulasi Produksi Kolagen

Kolagen merupakan bahan penting pada kulit yang menjaga kulit tetap kenyal dan lembap. Tidak hanya itu saja, kolagen juga mencegah munculnya garis-garis halus penyebab kerutan yang menjadikan kulit tampak lebih tua. Namun, penggunaan snail gel ternyata justru menstimulasi produksi kolagen pada kulit.

Snail gel yang didapat dari ekstraksi lendir bekicot ini ternyata memiliki beragam khasiat tak terduga untuk merawat kulit. Tidak hanya dijual dalam bentuk gel, snail gel rupanya menjadi campuran atau formula khusus bagi sejumlah skincare asal Korea Selatan dan Thailand.

DokterSehat | © 2024 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi