Terbit: 6 January 2023
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Sheila Amabel

Cengkeh adalah rempah-rempah yang dikenal luas sebagai bumbu dapur. Namun, cengkeh juga bisa diolah menjadi teh yang sangat menyehatkan, terutama dikaitkan dengan penderita diabetes. Benarkah klaim manfaat tersebut? Simak ulasannya di bawah ini.

Mengenal Lebih Jauh Manfaat Teh Cengkeh untuk Diabetesi

Teh Cengkeh Berkhasiat untuk Diabetes?

Cengkeh adalah bumbu dapur yang juga dikenal karena sifat anti-diabetesnya. Rempah ini dianggap bagus untuk mengontrol kadar gula darah penderita diabetes karena kandungan nigericin di dalamnya. Senyawa ini membantu dalam mengurangi resistensi insulin dan dapat menjaga kadar gula tetap normal.

Insulin adalah hormon yang mengatur kadar gula darah dalam tubuh dengan membawanya dari darah ke sel. Manfaat cengkeh membantu meningkatkan fungsi sel penghasil insulin dan mengatur levelnya.

Dalam beberapa penelitian menunjukkan dampaknya pada tabung reaksi dan penelitian pada hewan. Meskipun begitu, penelitian lebih lanjut diperlukan.

Cengkeh adalah rempah rendah kalori, rendah karbohidrat dengan indeks glikemik (IG) yang juga rendah. IG cengkeh sebesar 30 dan GL (glycemic load/beban glikemik) adalah 1,2/250.

Menurut hasil penelitian, gula darah setelah makan yang lebih rendah pada orang dewasa sehat dan prediabetes yang dilengkapi dengan ekstrak cengkeh kaya polifenol.

Pada bagian penelitian prediabetes, kadar glukosa puasa juga mengalami penurunan pada peserta yang diberi suplemen cengkeh.

Temuan ini menunjukkan bahwa ekstrak cengkeh dapat bermanfaat bagi orang lanjut usia yang memiliki kontrol glukosa kurang optimal.

Hal tersebut sangat penting bagi penderita pradiabetes yang sering mengalami glukosa tinggi setelah makan selama bertahun-tahun sebelum timbulnya diabetes tipe 2 atau komplikasi diabetes.

Cara Kerja Cengkeh untuk Diabetes

Ekstrak cengkeh yang kaya polifenol ditemukan bekerja melalui tiga mekanisme berbeda sebagai berikut:

Peningkatan penyerapan glukosa ke dalam sel otot hingga 63%, memberinya bahan bakar metabolik dan menghilangkan gula dari sirkulasi darah.

Penghambatan produksi glukosa dalam sel hati, tempat penting di mana kelebihan gula dilepaskan (glukoneogenesis).

Penghambatan dua enzim pencernaan (alfa-glukosidase dan alfa-amilase) dari pelepasan glukosa dari senyawa seperti sukrosa (gula meja) dan pati.

Temuan ini mengungkapkan ekstrak cengkeh memiliki manfaat berikut:

  • Melindungi dari lonjakan gula darah setelah makan pada orang normal dan prediabetes.
  • Menurunkan glukosa puasa pada pradiabetes.
  • Meningkatkan konsumsi glukosa oleh sel otot.

Baca Juga: Mengapa Penderita Diabetes Harus Rutin Kontrol ke Dokter?

Cara Membuat Teh Cengkeh

Anda dapat mengonsumsi cengkeh dengan berbagai cara termasuk secara utuh, dicampurkan ke makanan, atau yang paling sederhana sebagai minuman.

Berikut ini langkah-langkah sederhana membuat teh cengkeh:

  • Gunakan satu sendok makan cengkeh yang sudah dihaluskan.
  • Rebus selama beberapa menit.
  • Saring dan minum teh cengkeh selagi hangat.

Selain sebagai teh, air cengkeh juga sama bagusnya. Berikut cara membuatnya:

  • Dalam segelas air, masukkan 3-5 kuncup cengkeh dan biarkan semalaman.
  • Minumlah di pagi hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Agar mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya konsumsi secara rutin sampai diabetes Anda membaik.

 

  1. Carrington, Linda. 2022. Clove Extract Lowers Blood Sugar. https://www.lifeextension.com/magazine/2019/10/clove-extract-safely-lowers-blood-sugar. (Diakses pada 6 Januari 2023)
  2. Chandrashekara, Ashwini S. 2022. 11 Health Benefits of Cloves. https://www.breathewellbeing.in/blog/11-health-benefits-of-cloves/. (Diakses pada 6 Januari 2023)
  3. Link, Rachael. 2020. 8 Surprising Health Benefits of Cloves. https://www.healthline.com/nutrition/benefits-of-cloves. (Diakses pada 6 Januari 2023)


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi