Terbit: 24 September 2018 | Diperbarui: 25 Mei 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Saat tiba-tiba saja merasa lapar sebelum tidur, banyak orang yang akhirnya memilih untuk makan buah. Logikanya, buah adalah makanan sehat yang baik bagi tubuh. Mengonsumsinya, meski sebelum tidur, diyakini bisa memberikan manfaat bagi kesehatan. Sebenarnya, apakah tidak apa-apa jika kita makan buah sebelum tidur?

Makan Buah Sebelum Tidur, Berbahayakah?

Kita tentu pernah mendengar saran dari pakar kesehatan yang menyarankan kita untuk tak lagi mengonsumsi makanan apapun sekitar 2 jam sebelum tidur, bukan? Saran ini memang sesuai dengan fakta medis karena jika kita makan di waktu yang terlalu dekat dengan waktu tidur, maka dikhawatirkan pencernaan yang terus bekerja akan membuat kita tidak bisa tidur nyenyak atau bahkan memicu beberapa masalah kesehatan seperti peningkatan asam lambung.

Dilansir dari food.ndtv, pakar kesehatan dr. Ashutosh Gautam dari Clinical Operations and Coordination, Baidyanath menyebutkan bahwa ada baiknya memang kita sudah tidak lagi mengonsumsi makanan apapun 2-3 jam sebelum tidur. Andai kita ingin makan buah dan makan besar, kita juga harus memberikan jeda diantara keduanya karena pencernaan akan melakukan reaksi yang berbeda saat mengolahnya. Buah cenderung dicerna lebih cepat sehingga akan memasuki usus lebih cepat. Hal yang berbeda terjadi saat kita makan besar. Kandungan serat dan protein membutuhkan waktu yang lebih lama untuk diolah di lambung.

Jika kits makan buah sebelum tidur, maka kandungan gula alami di dalam buah akan menyebabkan lonjakan energi, tepat sebelum kita akan beristirahat. Hanya saja, jika kita mengonsumsi buah yang kandungan gulanya tidak terlalu tinggi, maka hal ini tidak akan memberikan efek kesehatan yang signifikan, apalagi menyebabkan kenaikan berat badan.

Meskipun begitu, ada baiknya memang kita tidak mengonsumsi buah sebelum tidur demi membantu kita mendapatkan tidur dengan lebih nyenyak dan tidak mengalami gangguan pencernaan.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi