Terbit: 10 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Menurut Women’s Health Mag, tubuh manusia memiliki kandungan konsentrasi mineral dan nutrisi yang sama dengan air laut. Sehingga, tidak heran jika garam laut bisa berfungsi menyeimbangkan, melindungi serta memulihkan tubuh. Garam mengandung mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, oleh karena itu, garam banyak digunakan sebagai salah satu bahan perawatan tubuh dari kepala hingga kaki.

Garam untuk Perawatan Kulit, Rambut, Gigi dan Kuku

1. Spray Garam untuk Membersihkan Pori

Garam, dalam Women’s Health Mag, dapat membantu membersihkan pori-pori, membantu menyeimbangkan produksi minyak, mencegah bakteri yang dapat menyebabkan jerawat. Untuk merasakan manfaatnya, Anda campurkan satu sendok teh garam laut dalam air hangat yang sudah disimpan di dalam botol. Lalu semprotkan cairan tersebutk ke wajah, kecuali area mata. Gunakan sebagai spray wajah sehari-hari.

2. Body Scrub dari Garam dan Minyak Zaitun untuk Kulit Lembut

Anda bisa membuat body scrub dari campuran garam, minyak zaitun atau minyak kelapa. Tambahkan minyak esensial sebagai aroma. Setelah itu, mulai gosokkan scrub ke seluruh tubuh lalu bilas. Garam merupakan eksfoliator alami yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati pada kulit tubuh, sehingga ia dapat membuat kulit menjadi lembut, dan terhidrasi. Merawat tubuh dengan garam bisa serasa bagai di spa.

3. Garam untuk Mengurangi Ketombe

Garam dapat menyerap kelebihan minyak yang ada pada kulit kepala. Garam juga menjaga kulit kepala dari kelembapan yang dapat mengakibatkan jamur, yang bisa menjadi ketombe. Caranya, cukup aplikasikan garam ke kepala Anda, pijat hingga kulit kepala mulai merasakan reaksi dari garam. Pijat selama 10-15 menit lalu bilas dengan bersih menggunakan shampoo. Lakukan dengan rutin.

4. Garam untuk Mengurangi Bau Mulut

Anda bermasalah dengan bau mulut sebab bakteri yang ada pada mulut? Berkumurlah dengan larutan garam yang sudah dicampur dengan baking sora setengah sendok teh. Kumur dan bersihkan daerah sekitar mulut Anda. Garam bersifat desinfektan yang dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut serta masalah pada gusi.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

5. Kuku Cantik dengan Garam

Untuk mendapatkan kuku yang cantik, cerah, Anda membutuhkan satu sendok teh garam, satu sendok teh soda kue, air perasan lemon, dan air hangat. Campurkan semua bahan tersebut, lalu rendam kuku ke dalamnya. Biarkan selama 10 menit sambil gosok perlahan-lahan. Bilas, lalu keringkan. Garam dapat membuat kutikula menjadi kuat, baking soda seerta perasan lemon berfungsi untuk mengurangi noda pada kuku, sehingga percampuran antara bahan-bahan tersebutm, dapat membantu menguatkan kuku, serta mencerahkannya.

Merawat tubuh dengan garam, ditambah dengan beberapa bahan alami, bermanfaat besar bagi kulit dan tubuh. Anda bisa mencobanya dari sekarang!


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi