Gara-Gara Antibiotik, Pria Ini Harus Belajar Berjalan Lagi

doktersehat-minum-obat
photo credit: Simon Evans

DokterSehat.Com– Mengonsumsi antibiotik selama dua minggu, Josh Denish mengalami luka bakar parah dan kulitnya melepuh dengan sangat parah di 90 persen tubuhnya. Ia juga sempat mengalami kebutaan sementara. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Dikutip dari Health News, pria berusia 38 tahun dari Colorado, Amerika Serikat, ini mengalami infeksi bakteri staphylococcus. Demi mengatasi infeksi bakteri berbahaya ini, Ia pun mendapatkan antibiotik.

Sayangnya, konsumsi antibiotik ini justru membuatnya terkena racun epidermal necrolysis, sebuah kondisi yang mempengaruhi sel kulit, membran lendir, mata, dan organ vital.

Hampir seluruh kulit yang ada dalam tubuh Denish langsung mengalami luka bakar dan melepuh dengan parah. Denish juga mengalami demam parah yang tidak bisa dihentikan dan rasa gatal yang luar biasa pada kakinya sehingga membuatnya kesulitan untuk berjalan.

Saat kulit tubuhnya mulai terlepas, kondisi Denish pun menjadi semakin parah dan hanya bisa tergolek lemah di rumah sakit. Matanya juga mulai berubah warna menjadi keunguan dan wajahnya mulai membengkak. Yang menjadi masalah adalah, bagian dalam mulutnya juga mulai melepuh.

Ahli bedah pun langsung melakukan operasi darurat demi menyelamatkan penglihatannya empat hari sebelum Natal 2017 lalu. Operasi ini dilakukan dengan cara memasang membran di antara bola mata dan kelopak mata. Membran ini dibuat dari semacam plasenta yang bisa mencegah kornea matanya dari luka bakar.

Beruntung, kondisi Denish berangsur-angsur pulih. Penglihatannya juga semakin membaik meskipun harus memakai kacamata khusus. Namun, karena kondisi kulitnya yang sangat parah, Ia harus berhati-hati dengan apapun yang bisa menyentuh kulitnya dan apa yang dikonsumsi setiap hari.

Agar tak ada lagi orang yang mengalami masalah kesehatan seperti dirinya, Denish pun meminta penyedia antibiotik untuk memberikan label peringatan dengan ukuran yang besar pada bungkus obat tersebut. Selain itu, setiap orang sebaiknya selalu bertanya tentang efek samping dari obat yang akan diminum pada dokter atau apoteker.

Semoga Denish cepat pulih ya!