Terbit: 30 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Melihat perkembangan anak tentunya membuat orang tua bahagia. Namun orang tua perlu wasapada akan perilaku anak yang kurang baik atau dianggap kurang santun. Apa saja perilaku tersebut?

Gangguan Perilaku Anak yang Tidak Boleh Diremehkan

Perilaku anak yang perlu diwaspadai

Beberapa perilaku anak yang perlu diwaspadai antara lain:
1. Anak memotong pembicaraan orang lain
Setiap anak tentunya ingin dipehatikan, karena itu anak-anak kadang sering memotong pembicaraan orang lain. Ketika anak mulai memotong pembicaraan, Anda bisa menjelaskan pada anak bahwa sikap tersebut tidak baik. Jelaskan pada anak bahwa setiap orang berhak untuk didengarkan, namun tidak bicara pada saat yang bersamaan sehingga sebaiknya dengarkan omongan orang lain terlebih dahulu baru bicara.

2. Pura-pura tidak mendengar
Anda tahu anak-anak sering melakukan ini. Pura-pura tidak mendengar dan tidak menjawab panggilan atau permintaan Anda. Tanpa disadari, hal ini bisa jadi disebabkan oleh perilaku orang tua yang kemudian ditiru oleh anak. Karena itu sebaiknya orang tua tidak bersikap demikian pada anak. Jika anak menunjukkan sikap seperti itu, segera tegur dan jelaskan bahwa sikap demikian adalah tidak baik.

3. Berbohong

Anak punya banayk alasan untuk berbohong. Bisa jadi hal ini dilakukan karena mereka tidak ingin dihukum, ingin mendapat pengakuan, atau karena sebab lainnya. Jika Anda mengetahui anak Anda berbohong, segera katakan bahwa Anda tahu kebohongan yang disembunyikan anak. Jangan memarahinya secara langsung, namun ingatkan agar ia tidak perlu terus-terusan berbohong.

4. Kasar pada teman
Kadang Anda melihat anak Anda bersikap kasar pada temannya. Kadang memang hanya sekedar bermain, namun kadang juga bisa disebabkan oleh sikap anak yang sedang tidak terkontrol. Segera ingatkan anak jika sikapnya tidak baik dan sebisa mungkin tidak mengulangi lagi perbuatannya.

Nah, bagaimana Mom? Apakah anak Anda sering bersikap demikian?

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi