Gangguan Pendengaran Karena Diabetes

Doktersehat-cara-mengobati-telinga-bengkak
Photo Credit: Flickr.com/Happy Tinfoil Cat

DokterSehat.Com– Diabetes biasanya dianggap sebagai masalah kesehatan yang bisa menyebabkan komplikasi berupa penyakit kardiovaskular, penyakit ginjal, kerusakan saraf, dan gangguan pada penglihatan. Padahal, dalam realitanya masih ada banyak sekali dampak buruk dari diabetes. Salah satunya adalah adanya kemungkinan munculnya gangguan pendengaran.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang, dihasilkan fakta bahwa penderita diabetes berusia muda cenderung lebih rentan untuk terkena gangguan pendengaran dibandingkan dengan penderita diabetes berusia lebih tua. Hanya saja, belum jelas apa penyebab dari munculnya gangguan pendengaran ini.

“Sayangnya, penelitian ini tidak mampu menjawab penyebab utama dari munculnya gangguan pendengaran. Masih diperlukan penelitian lebih mendalam untuk mencari tahu kaitan antara diabetes dengan gangguan pendengaran,” ucap dr. Steven Smith dari Mayo Clinic Rochester, Minnesota, Amerika Serikat.

Sebelumnya, penelitian lain yang dilakukan di US National Institutes of Health pada 2008 yang melibatkan lebih dari 11 ribu orang juga menunjukkan hasil yang sama, yakni penderita diabetes cenderung mengalami kesulitan untuk mendengar suara dengan volume pelan. Sebagai contoh, mereka kesulitan mendengar suara orang yang berbisik dan bisa kehilangan kemampuan memahami beberapa kata pada kalimat yang diucapkan orang lain di volume yang normal.

“Kadar gula darah yang berlebihan bisa merusak pembuluh darah di telinga,” ucap Chika Horikawa dari Niigata University Faculty of Medicine, Jepang.

Ada baiknya memang kita menjaga kondisi kesehatan dengan lebih baik demi mencegah datangnya diabetes yang bisa memberikan dampak yang sangat besar bagi kesehatan tubuh, termasuk bagi organ pendengaran.